spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    5 Burung Ini Dipercaya Penangkal Santet

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Burung adalah anggota kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata) yang memiliki bulu, sayap dan banyak jenisnya. Mulai dari Kolibri yang kecil dan dapat mengepakkan sayap dengan sangat cepat, Penguin yang menyelam dengan sayapnya hingga burung Unta yang lebih tinggi dari manusia.

    Sebagian besar spesies di dunia mampu terbang menggunakan sayapnya, kecuali beberapa jenis yang biasanya endemik di tempat tertentu (burung Unta, Moa, Kasuari, Kiwi dan Penguin).

    BACA JUGA: 5 Fakta Unik Burung Murai Batu

    Diperkirakan terdapat sekitar 8.800-10.200 spesies di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri terdapat sekitar 1.500 jenis.

    Konon, merupakan turunan dari kelompok Dinosaurus theropoda berbulu dan keturunan aviala purba (yang anggotanya termasuk Archaeopteryx) yang pertama kali muncul sekitar 160 juta tahun yang lalu di Tiongkok.

    Hewan ini juga dipercaya bisa melindungi rumah kita dari serangan santet dan guna-guna karena memiliki kekuatan mistis yang tinggi. Terlebih, instingnya lebih tajam dan sensitif dari manusia.

    Tak heran jika hewan ini bisa merasakan apa yang tidak terlihat oleh mata manusia.

    Berikut beberapa di antaranya:

    1. Burung Hantu

    Hewan ini menurut masyarakat Jawa merupakan penangkal ilmu hitam karena memiliki kepekaan dan insting yang sangat tinggi. Terutama di malam hari.

    burung fokusjabar.id
    (foto web)

    Jika ada sesuatu yang mendekat akan merasakannya lebih dahulu dari manusia. Oleh sebab itu, dipercaya bisa jadi sosok yang melindungi dari kiriman santet atau ilmu hitam.

    Selain itu, katanya bisa memprediksi kematian seseorang dengan akurat. Tanda utamanya, berbunyi di malam hari dengan tidak wajar.

    Sementara jika berbunyi dan berputar di siang hari, akan ada bencana yang menimpa area tersebut.

    Keyakinan tersebut konon sudah ada sejak zaman Romawi Kuno.

    Hewan ini merupakan kelompok anggota ordo Strigiformes dan termasuk golongan burung buas (karnivora).

    Seluruhnya terdapat sekitar 222 spesies menyebar di seluruh dunia. Kecuali Antarktika, sebagian besar Greenland dan beberapa pulau-pulau terpencil.

    BACA JUGA: 7 Cara Atasi Burung Murai Batu Over Birahi

    Umumnya hewan ini berbulu burik, kecoklatan atau abu-abu dengan bercak-bercak hitam dan putih.

    Bagian ekor umumnya pendek, namun sayapnya besar dan lebar. Rentang sayapnya mencapai sekitar tiga kali panjang tubuhnya.

    1. Perkutut

    Tak hanya suaranya yang merdu, Perkutut dipelihara untuk menangkal bala. Terutamanya jenis perkutut Songgo Ratu yang konon memiliki kemampuan menangkal santet.

    burung fokusjabar.id
    (foto web)

    Hewan ini juga bisa menaikkan aura kewibawaan pemiliknya karena termasuk spesies dengan ‘kasta’ yang tinggi.

    Perkutut Jawa (Geopelia striata) adalah jenis spesies suku Columbidae, dari genus Geopelia pemakan biji-bijian saja. Di habitat aslinya tidak menutup kemungkinan memakan serangga.

    1. Tekukur

    Tekukur sebenarnya bukan termasuk jagoan dalam hal kicauan maupun balapan. Namun masih banyak yang memeliharanya karena dipercaya bisa memberi perlindungan untuk pemiliknya.

    burung fokusjabar.id
    (foto web)

    Spesies ini mulanya termasuk dalam genus Streptopelia. Para peneliti membagi mereka pada genus yang terpisah.

    1. Angsa

    Angsa konon memiliki kemampuan untuk melihat makhluk halus seperti hantu dan jin. Oleh sebab itu, katanya bisa mengusir makhluk mistis untuk menetralisir energi negatif di rumah.

    Selain keberadaan fisiknya, telur angsa juga memiliki khasiat serupa. Terutama telur yang busuk. Konon, bisa menjadi pagar gaib, penangkal santet hingga pelaris.

    burung fokusjabar.id
    (foto web)

    Bahkan bisa menggunakannya untuk menyembuhkan efek negatif dari serangan santet. Tak heran jika banyak yang memburunya untuk mereka tanam di sekitar rumah.

    Angsa adalah hewan air berukuran besar dari genus Cygnus famili Anatidae. Bebek dan Angsa berleher pendek juga terdapat di famili Anatidae.

    BACA JUGA: Viral Video Ratusan Burung Pipit Berjatuhan Setelah Hujan di Bali

    Terdapat tujuh spesies dalam genus Cygnus. Angsa adalah hewan monogami, ‘perceraian’ kadang-kadang terjadi jika proses bersarang mengalami kegagalan.

    Angsa adalah anggota terbesar dari famili Anatidae. Spesies terbesar adalah Angsa Putih, Angsa Trompet dan Angsa Whooper. Bentangan sayap mereka dapat mencapai tiga meter.

    1. Ayam

    Ayam termasuk golongan burung darat yang tidak bisa terbang. Selain telur dan dagingnya, ayam juga memiliki kemampuan untuk menangkal santet dan makhluk halus.

    burung fokusjabar.id
    (foto web)

    Jika berkokok di malam hari tanpa henti, bisa jadi ayam tengah melihat sesuatu yang gaib.

    Selain itu, memiliki insting yang tajam sehingga bisa merasakan keberadaan energi negatif dengan cepat.

    (Bambang Fouristian/berbagai sumber)

    Berita Terbaru

    spot_img