spot_img
Rabu 8 Mei 2024
spot_img
More

    Dinkes Kota Bandung Waspadai Kasus Covid-19 Pasca Libur Lebaran

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Ahyani Raksanaraga mengatakan, bahwa penambahan kasus Covid-19 saat ini belum mengalami peningkatan yang signifikan. Namun, pasca libur lebaran kemarin harus diwaspadai akan terjadi lonjakan kasus Covid-19 dalam satu hingga dua pekan ke depan.

    Menurutnya, keterisian tempat tidur di rumah sakit masih berada dibawah 50 persen dan ruang isolasi mandiri di hotel berada diangka 30 hingga 40 persen.

    “Jadi sebetulnya yang angka rt, positivity rate cukup terkendali, yang kita lakukan sekarang adalah meningkatkan kewaspadaan untuk memantau apakah ada peningkatan kasus bermakna pasca libur lebaran,” kata Ahyani di SMP Taruna Bakti Jalan Martadinata kota Bandung Jabar Rabu (19/5/2021).

    Meski begitu, pihaknya terus memantau pergerakan kasus penyebaran Covid-19 hingga Mei mendatang. Selain itu, rumah sakit juga harus tetap siaga jika terjadi lonjakan kasus Covid-19 dengan menambah tempat tidur.

    BACA JUGA: 4 Ribu Pendidik Kota Bandung Jalani Vaksinasi Dosis Kedua

    “Tenaga medis akan sangat banyak ada di 36 rumah sakit, 80 puskesmas jadi semua terlibat. Kalau tempat tidur diangka 1.300 siap dan terisi dibawah 50 persen. Rumah sakit rujukan Covid-19 sebanyak 28 tempat denga melayani pasien dari Bandung Raya,” kata dia.

    Ahyani menambahkan, pihaknya mendorong masyarakat untuk terus proaktif melindungi diri, serta berperan aktif untuk melaporkan warga yang baru datang dari luar kota dan diminta untuk melakukan karantina mandiri.

    ” Melaporkan kepada RT apabila terhadap tetangga atau pendatang yang baru datang dari luar kota,” kata dia.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img