spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Manfaat Jahe bagi Kesehatan dan Kecantikan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Jahe (Zingiber officinale) adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron.

    Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani (zingiberi) dan Bahasa Sanskerta (singaberi).

    jahe fokusjabar.id
    foto web

    Sebagai tanaman herbal, jahe menyimpan macam-macam zat yang baik bagi tubuh. Berikut beberapa manfaatnya:

    Baca Juga: Ini 7 Manfaat Madu Bagi Kesehatan

    Menghangatkan Tubuh

    Sifat jahe yang hangat dapat membantu meningkatkan suhu tubuh. Sejenis minuman yang sering dinikmati yaitu wedang jahe dan memang sudah menjadi konsumsi wajib bagi penduduk daerah pegunungan.

    Selain itu jahe, juga memiliki anti virus dan anti toksin dengan membantu mempromosikan keringat yang dapat membantu mengobati batuk dan masuk angin.

    Pencegahan Timbulnya Kanker

    Ekstrak jahe ternyata dapat menekan pertumbuhan beberapa sel kanker, seperti mencegah penyebaran gejala kanker kulit, pankreas, kanker ginjal dan gejala kanker paru-paru.

    Mengatasi Masalah Pernafasan

    Masalah pernafasan yang paling umum diderita adalah batuk atau pilek. Jahe termasuk jenis ekspektoran alami yang berfungsi dalam melegakan sistem pernafasan, dengan yang memecah dan menghilangkan lendir (dahak) dapat dengan mudah keluar dan memulihkan sistem pernafasan seperti sedia kala.

    Melancarkan Pencernaan

    Mungkin pada awalnya kita berfikir hanya manfaat buah-buahan saja yang dapat berguna bagi masalah pencernaan. Ternyata jahe dapat membantu penyerapan makanan dan mencegah kemungkinan sakit perut, karena sifatnya yang mengurangi peradangan.

    Mengatasi Memar dan Rasa Nyeri

    Ketika tubuh mengalami sebuah benturan benda tumpul, terkadang menyebabkan memar. Senyawa di dalam sari jahe merupakan anti inflamasi, dapat digunakan untuk meredakan nyeri secara alami akibat benturan tersebut.

    Manfaat jahe dengan kandungan anti inflamasi juga dapat mengurangi nyeri pada gejala penyakit rematik.

    Selain untuk kesehatan, Jahe juga ternyata bermanfaat untuk kecantikan. Berikut beberapa manfaatnya:

    Mengatasi Kulit Berminyak

    Bahan mineral alami pada jahe dapat dipercaya ampuh mengurangi kulit yang cenderung berminyak.

    Berikut ini cara-caranya :

    Campur bahan-bahan yaitu jahe parut, garam laut, bubuk kayu manis dan pala bubuk

    Haluskan dengan ditambah air, hingga wujudnya seperti pasta

    Kemudian oleskan pada titik-titik wajah yang banyak menghasilkan minyak

    Lalu diamkan selama 10 menit

    Bilas kulit dengan air dingin

    Menghilangkan Ketombe

    Sari jahe dapat digunakan sebagai bahan pencuci rambut yang dengan alami membantu mengurangi ketombe. Ekstrak jahe ini juga dapat mencegah timbulnya masalah kerontokan pada rambut. 

    Meski memiliki banyak manfaat kesehatan, ternyata  dapat memicu sejumlah efek samping. Terutama jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

    Menurut herbalist, konsumsi lebih dari 4 gr dalam satu hari dapat menyebabkan mulas, kembung, mual, atau gangguan perut.

    Tak hanya itu, dapat mengganggu efek obat pengencer darah. Seperti warfin dan aspirin.

    Dalam pengobatan Cina, digunakan sebagai penangkal untuk keracunan makanan atau obat, yang menekankan sifat detoksifikasi.

    Bahkan racun yang diciptakan di dalam tubuh dapat mereka buang secara efektif dengan jahe.

    Mungkin mengejutkan bahwa ramuan yang bermanfaat bagi kesehatan ini dapat benar-benar menimbulkan ancaman kesehatan juga.

    Berikut adalah 9 orang yang sebaiknya tidak mengonsumsi:

    1. Orang dengan gangguan darah

    Mencegah pembekuan darah, tetapi meningkatkan sirkulasi dan aliran darah. Hal ini meningkatkan risiko pendarahan, terutama pada orang dengan kelainan darah atau mereka yang sedang menjalani pengobatan yang memperlambat pembekuan darah.

    1. Orang dengan batu empedu

    Jahe merangsang produksi empedu sehingga tidak dianjurkan untuk orang yang menderita batu empedu.

    1. Orang dengan Ulkus atau IBD

    Jahe segar telah dikaitkan dengan penyumbatan usus, sehingga orang yang menderita ulkus, penyakit radang usus atau usus yang tersumbat sangat disarankan untuk menghindarinya.

    1. Orang yang akan melakukan operasi

    Sebuah studi tahun 2007 menemukan bahwa mengonsumsi sebelum operasi juga meningkatkan risiko pendarahan internal.

    Para ahli kesehatan menyarankan untuk menghindari konsumsi dua minggu sebelum operasi.

    1. Ibu Hamil

    Sejumlah penelitian menghubungkan untuk menurunkan penyerapan zat besi dan vitamin yang larut dalam lemak pada perempuan hamil.

    Selain itu, hindari minum tehnya terutama di trimester terakhir karena ada peningkatan risiko pendarahan.

    1. Orang-orang yang mengonsumsi obat tertentu

    Berinteraksi dengan obat-obatan tertentu termasuk antikoagulan, barbiturat, beta-blocker, obat insulin atau terapi anti-platelet.

    Layanan medis dari National Institutes on Health mengungkapkan, tumbuhan ini mengganggu efek dari beberapa obat lain termasuk antasida karena merangsang produksi asam di lambung.

    Orang yang memakai obat untuk jantung, antihistamin, perawatan kanker dan obat penurun berat badan juga harus menghindari rempah ini.

    1. Orang dengan diabetes dan hipertensi

    Rempah ini mungkin menurunkan gula darah dan tekanan darah, sehingga orang yang mengonsumsi obat untuk diabetes atau hipertensi harus berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum mengonsumsi dalam bentuk apa pun.

    1. Menekan nafsu makan

    Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam “Metabolism: Clinical and Experimental” tahun 2012, rempah ini mengurangi nafsu makan dengan memberikan rasa kenyang.

    Para peneliti menjelaskan bahwa rempah ini memengaruhi kadar serotonin dalam darah, maka terjadilah efek pengekangan pada nafsu makan.

    1. Berinteraksi dengan beberapa herbal

    Kecuali untuk obat-obatan,rempah ini juga mengganggu herbal yang merangsang aliran darah dan memperlambat pembekuan.

    Ini termasuk cengkeh, bawang putih, gingko biloba.

    (Bambang Fouristian/Net)

    Berita Terbaru

    spot_img