spot_img
Rabu 8 Mei 2024
spot_img
More

    UKM Harus Mampu Beradaptasi dengan Peluang Usaha di Masa Pandemi

    JAKARTA, FOKUSJabar.id : Perubahan perilaku masyarakat harus mampu diadaptasi oleh Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam memanfaatkan peluang usaha akibat pandemi corona.

    “SMESCO pun melihat sudah banyak UKM yang melakukan shifting business di masa pandemi ini,” ujar Direktur SMESCO Indonesia Leonard Theosabrata dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (15/07/2020).

    BACA JUGA : Teten Masduki: UMKM Terkoneksi Digital Lebih Tahan Krisis

    Kebutuhan UKM dalam menadaptasi peluang usaha masa sekarang, menjadi sangat beragam, mulai dari pembiayaan, pelatihan atuapun kesempatan bisnisnya.

    Mata rantai kebutuhan UKM ini perlu dijaga dengan baik lewat kerjasama dengan berbagai pihak termasuk pemerintah.

    “Dengan adanya kerjasama antar berbagai sektor untuk memberikan alternatif pembiayaan untuk pelaku UKM, hal ini dapat menciptakan lebih banyak opsi pembiayaan,” Leonard.

    SMESCO memiliki program dengan tujuan utama mendorong digitalisasi UKM dan membuat mereka menjadi lebih bankable.

    Lamga Koperasi dan UKM ini juga berkomintmen menjadi katalis bagi UKM dengan menyediakan berbagai fasilitas dan program-program pelatihan.

    “SMESCO optimis di masa new normal ataupun setelahnya ekonomi Indonesia dapat bangkit asalkan ada kerjasama dan kolaborasi yang erat antara masyarakat, pemerintah dan sektor swasta untuk bersama-sama mendorong pemulihan ekonomi lewat pemberdayaan UKM,” kata Leonard.(DH)**

    Berita Terbaru

    spot_img