spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Tips Presentasi Kelompok Yang Menarik dan Efektif

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Melakukan presentasi dengan baik tentu menjadi keinginan banyak orang termasuk mahasiswa. Sebab presentasi terkadang berjalan di luar prediksi. Hal itu pun kerap membuat presentasi dinilai menyeramkan oleh sebagian mahasiswa, terutama presentasi kelompok yang dituntut untuk terbangunnya kekompakan.

    Tentu saja, waktu persiapan yang panjang tidak akan menjadi apa-apa jika tidak dibarengi persiapan matang. Persiapan matang ini bukan soal waktu saja, tetapi juga strategi.

    BACA JUGA: Investasi Emas Digital, Kenali Keuntungan dan Tantangannya!

    Lantas, apa saja persiapan yang mesti dilakukan agar presentasi kelompok berjalan dengan lancar. Yuk, simak penjelasannya.

    1. Saling Mengenali Anggota Kelompok

    Hal pertama yang harus dilakukan adalah saling mengenali anggota kelompok, hal tersebut untuk membangun keakraban agar komunikasi dapat berjalan enjoy dan efektif.

    Minimalnya saling mengetahui nama masing, atau mungkin jika diperlukan, tunjuk salah seorang sebagai semi leader agar mempermudah mengambil keputusan.

    1. Bangun Komunikasi Aktif

    Atas dasar kesadaran bahwa tugas kelompok adalah tugas yang dikerjakan secara bersama-sama, setiap keputusan harus disepakati bersama maka dibutuhkan komunikasi aktif.

    Buat kesepakatan dengan sesama anggota untuk tidak sulit dihubungi, harus punya kontribusi, dan bersikap tegas terhadap anggota yang bertingkah seenaknya.

    1. Membagi Tugas-Tugas dengan Adil

    Tentu saja, pembagian tugas harus dilakukan dengan seadil-adilnya tanpa memberatkan satu pihak dan terlalu ringan di pihak lainnya.

    Tanpa ingin mengambil kesempatan untuk terlihat paling aktif atau “si paling mengerjakan” ataupun bersikap cuek alias “si paling beban”

    BACA JUGA:

    Bahaya Media Sosial bagi Kesehatan Mental

    Pastikan, setiap orang mempunyai tugas yang dikerjakan sebelum presentasi, kesempatan menjelaskan dan menjawab pertanyaan dalam presentasi jika keadaannya memungkinkan.

    1. Menguasai Materi

    Penguasaan materi sangat diperlukan dalam hal presentasi karena sifat presentasi itu adalah menjelaskan sehingga orang mengerti dan paham. Tentu, membuat orang paham mendengarkan presentasi dimulai dari memahamkan diri sendiri dulu, sebelum kepada metode atau cara penyampaiannya.

    1. Buat Power Point yang Menarik

    Alat bantu atau power point yang menarik akan memotivasi audiens untuk mendengarkan dan mempermudah presenter menjelaskan. Power point yang menarik, tentunya bukan dilihat dari tampilan atau designnya saja, tetapi juga materi-materi singkat, jelas dan padat.

    1. Berlatih Terlebih Dahulu

    Hal yang terakhir adalah berlatih terlebih dahulu untuk mengatasi grogi, kurang percaya diri serta belajar menepis kemungkinan kendala lainnya. Seperti: kurangnya kesiapan anggota kelompok presentasi tersebut, media yang digunakan maupun yang lainnya.

    Itulah enam tips agar presentasi kelompok menjadi menarik dan meminimalisir berbagai kemungkinan adanya kendala agar berjalan dengan efektif.

    (Gita Yulia/Anthik)

    Berita Terbaru

    spot_img