spot_img
Kamis 18 April 2024
spot_img
More

    Investasi Emas Digital, Kenali Keuntungan dan Tantangannya!

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Salah satu instrumen investasi yang menguntungkan dalam jangka panjang adalah emas, karena emas memiliki nilai jual beli dengan nilai yang relatif stabil.

    Di era digital seperti saat ini, masyarakat cenderung ingin melakukan berbagai aktivitas dengan praktis dan online sehingga investasi emas pun dapat dilakukan secara digital.

    Berinvestasi emas digital, artinya membeli emas secara online, tanpa harus menyempatkan diri untuk pergi ke gerai emas, cukup klik dari smartphone.

    Berikut ini, beberapa keuntungan berinvestasi emas digital.

    1.Dapat Dijangkau Dengan Modal Minim.

    Emas digital dapat dibeli dengan dengan minimal nominal yang relatif kecil. berbeda dengan emas fisik yang sedikitnya dijual per gram sehingga untuk membelinya harus mengumpulkan uang seharga gram tersebut.

    BACA JUGA:

    8 Aplikasi ini Bikin Konten Kamu Makin Aesthetic lho!

    2.Waktu Pembelian Fleksibel

    Pembelian emas digital dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun, atau istilahnya  fleksibel, selama ada uang dan akses internet yang tersedia.

    3.Perkembangan Harga Mudah Dipantau

    Emas digital memudahkan investor untuk memantau perkembangan harga emas setiap saat secara real time, bahkan beberapa aplikasi emas digital memudahkan penggunanya dengan grafik harga.

    Dengan begitu, transaksi jual atau beli emas dapat dilakukan kapan saja saat dirasa akan menguntungkan.

    4.Biaya Administrasi Terjangkau

    Beberapa aplikasi atau platfrom yang memberikan layanan investasi emas digital  menuntut biaya administrasi dengan harga terjangkau, bahkan gratis.

    5. Menjamin Keamanan

    Beberapa emas digital bisa disebut aman karena tidak perlu repot memikirkan keamanan di jalan maupun tempat penyimpanan yang aman.

    Selain tentang keuntungan, emas digital juga memiliki tantangan, yang berpotensi memberikan kerugian, di antaranya;

    1. Biaya Administrasi

    Beberapa aplikasi atau platfrom, mematok harga untuk biaya administrasi seperti biaya penitipan, bahkan jika ingin dicairkan dalam bentuk fisik, ada biaya cetak emas yang harus dibayar.

    BACA JUGA: Ubah Foto Profil Telegram dengan Emoji Bergerak

    2. Belum dijangkau seluruh lapisan masyarakat.

    Tidak bisa dipungkiri, berinvestasi secara digital hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang melek terhadap perkembangan teknologi.

    Akibatnya, orang yang gagap teknologi. Seperti: sebagian orang tua atau yang berada di daerah terpencil memungkinkan belum mengetahuinya.

    3. Tidak Menjamin Keamanan

    Dalam beberapa kasus, emas digital lebih rawan terhadap pembobolan, hacking maupun phising yang dilakukan oleh oknum.

    Tujuan aktivitas ilegal tersebut, tentunya yaitu mencuri akun pengguna atau investor supaya seluruh aset bisa diambil.

    Demikian sisi negatif dan positif berinvestasi emas digital. Tentunya emas fisik maupun emas digital memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing.

    Namun, jika ingin berinvestasi emas digital pastikan memilih platfrom yang terpercaya dan aman. Selain itu pastikan memakai uang  yang dingin ya.

    (Gita Yulia/Anthik)

    Berita Terbaru

    spot_img