spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Kunjungi Korban Longsor Bogor, Ridwan Kamil: BPBD Siapkan Antisipasi Bencana Hidrologis

    BOGOR,FOKUSJabar.id: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau dan memberikan bantuan kepada keluarga yang tertimpa longsor di RT 01/08 Kelurahan Curug, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Rabu (20/7/2022). 

    Sebelumnya, hujan dengan intensitas cukup tinggi terjadi di sebagian wilayah Jabar, termasuk Bogor. Hal itu memicu bencana longsor di Kota Bogor. Satu orang dilaporkan tewas tertimbun yang hari ini keluarganya dikunjungi Ridwan Kamil.

    “Tentunya kita menyampaikan bantuan dan rasa dukacita kita kepada salah satu yang berpulang dengan dua follow-up, mengevaluasi tentunya sistem sungai yang tentunya harus kita cegah agar tidak terulang lagi. Selanjutnya, memberikan bantuan tanggap darurat dan rekonstruksi, khususnya untuk dua rumah yang kemarin musibahnya paling luar biasa,” kata dia.

    BACA JUGA: Ridwan Kamil Kirim Bantuan untuk Korban Bencana Garut

    Kepada warga setempat, dia mengimbau agar tetap waspada dalam beberapa hari ke depan apabila terjadi hujan dengan intensitas cukup tinggi. 

    “Dan pesan saya kepada warga, mohon waspada di hari-hari mendatang kalau ada cuaca yang agak ekstrem kita harus saling menjaga dan saling mempersiapkan diri,” ucapnya. 

    Menurutnya, bencana hidrologis memang acap terjadi di wilayah Jabar. Namun, Pemda Provinsi Jabar melalui BPBD Jabar telah mempersiapkan segala solusi dalam menangani bencana hidrologis, khususnya banjir dan longsor. 

    “Penanganan-penanganan antibanjir sudah dilakukan semaksimal mungkin, makanya tadi Jawa Barat mendapatkan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup sebagai salah satu provinsi, hanya tiga yang diberi Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, yang punya upaya-upaya penyelesaian antisipasi strategi pembangunan berbasis lingkungan, yang insyaallah kita maksimalkan dan jumlah kebencanaan juga sebenarnya menurun,” ucap dia. 

    BACA JUGA: Anak SCBD Sebut Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil, Ini Respon Anies Baswedan

    “Jadi mudah-mudahan itu menjadi warisan kita untuk generasi mendatang,” tambahnya.

    (Budiana Martin/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img