spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Kualifikasi Porprov Jabar XIV Bulutangkis, Kuningan Segel Tiket Terakhir Tim Putra

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kabupaten Kuningan menyegel tiket terakhir tim beregu putra pada pelaksanaan babak kualifikasi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jabar XIV cabang olahraga bulutangkis yang berakhir Jumat (17/12/2021) di GOR BI Bikasoga, Jalan Suryalaya Kota Bandung. Pada babak penentuan, tim putra Kabupaten Kuningan mengalahkan Kabupaten Bandung dengan skor ketat 3-2.

    Pada babak penentuan, tim putra Kabupaten Kuningan langsung unggul dua poin dari lima partai yang digelar. Dua poin awal Kuningan disumbangkan dari dua partai tunggal putra.

    Pada partai pertama, Kuningan yang menurunkan Albani Muhammad Bije berhasil unggul atas wakil Kabupaten Bandung, Mochamad Dava Putra Liady dalam dua set langsung 21-19, 21-15. Kemenangan Albani diikuti rekannya Marcellino Gunalan yang mengalahkan Tonny Heriyawan dalam dua set langsung 21-8, 21-16 sekaligus memastikan keunggulan Kuningan 2-0 atas Kabupaten Bandung.

    Unggul di dua partai awal, Kuningan justru kalah di dua partai berikutnya. Yakni di partai tunggal ketiga saat atletnya Diva Ramadhan kalah atas Ikbal Maulana Sidik dengan skor 12-21, 12-21.

    Begitu pula di partai keempat yang mempertandingkan nomor ganda. Pasangan Kabupaten Kuningan, Rifky Cahaya Irhanza/Zaidan Arrafi Awal Nabawi harus mengakui keunggulan pasangan Kabupaten Bandung, Faisal Muhamad Akbar/Sopian Asyauri melalui pertandingan rubber set 21-18, 14-21, 16-21.

    Pada partai penentuan yang mempertandingkan nomor ganda, Kabupaten Kuningan menurunkan pasangan Albani Muhammad Bije/Diva Ramadhan menghadapi pasangan Kabupaten Bandung, Deandra Ikhsan Gunawan/Defri Fauzi Ghilman. Pasangan Albani/Diva pun berhasil menyegel kemenangan dalam dua set 21-19, 21-16 sekaligus memastikan kemenangan bagi Kabupaten Kuningan.

    BACA JUGA: Sebanyak 134 KK di Ciamis Mendapat Bantuan Stimulan dari Bupati

    fokusjabar.id porprov jabar xiv bulutangkis
    Pertandingan nomor beregu partai ganda putra antara Kabupaten Kuningan versus Kabupaten Bandung. (FOTO: Ageng)

    “Kabupaten Kuningan dipastikan lolos dan berhak tampil di Porprov Jabar XIV usai mengalahkan Kabupaten Bandung. Kuningan menjadi tim beregu ketujuh yang lolos dari kualifikasi,” kata Technical Delegate (TD) Porprov Jabar XIV cabor Bulutangkis, Herman Subardjah saat ditemui usai pelaksanaan babak kualifikasi, Jumat (17/12/2021).

    Selain Kabupaten Kuningan, lanjut Herman, enam tim putra lain sudah memastikan tampil di Porprov Jabar XIV yang akan digelar di GOR Bima, Kota Cirebon. Yakni Kabupaten Bogor, Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bekasi, Kota Bogor, dan Kabupaten Bekasi.

    “Jadi untuk nomor beregu putra, yang akan tampil di Porprov Jabar XIV sebanyak delapan dan satu tim yang sudah mendapatkan tiket langsung yakni tuan rumah yakni Kota Cirebon,” kata dia.

    Sementara di kelompok putri, selain tuan rumah Kota Cirebon, tujuh tim sudah dipastikan akan tampil di Porprov Jabar XIV. Yakni Kabupaten Sumedang, Kota Bandung, Kabupaten Bekasi, Kota Bogor, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Garut.

    “Dalam empat hari pelaksanaan babak kualifikasi nomor beregu ini, sebanyak 24 tim di kelompok putra dan 22 tim di kelompok putri berebut tujuh tiket tersebut. Untuk nomor beregu ini, kita gunakan sistem setengah kompetisi dengan lima partai di putra dan tiga partai di putri,” Herman menuturkan.

    Pada Porprov Jabar XIV, cabang olahraga bulutangkis akan mempertandingkan tujuh nomor pertandingan. Selain beregu putra dan putri, juga dipertandingkan nomor tunggal putra putri, ganda putra putri, dan ganda campuran.

    “Selain nomor beregu, lima nomor lain tanpa melalui babak kualifikasi dan satu daerah berhak mengirimkan dua perwakilannya di lima nomor tersebut,” kata dia.

    Untuk atlet yang bertanding, Herman mengatakan jika pihaknya menerapkan pembatasan usia yakni maksimal kelahiran tahun 2003. Hal ini dilakukan untuk persiapan menghadapi pelaksanaan PON XXI tahun 2024.

    “Jadi atlet yang berlaga di Porprov Jabar XIV ini akan kita siapkan untuk PON XXI sehingga di tahun 2024 mereka berusia 21 tahun,” Herman menjelaskan.

    Sementara untuk peta kekuatan setiap daerah di Porprov Jabar XIV tahun 2022, Herman mengaku jika persaingan cukup merata. Setiap daerah memiliki atlet andalan masing-masing di setiap nomor yang dipertandingkan.

    “Kalau pada porprov sebelumnya, Kabupaten Bogor dan Kota Bandung cukup mendominasi dibandingkan daerah lain sehingga banyak atlet asal dua daerah tersebut yang mendominasi susunan pemain di PON XX lalu. Tapi untuk Porprov Jabar XIV tahun 2022 nanti, kekuatan setiap daerah sudah lebih merata dan dipastikan laga di setiap nomor akan lebih ketat,” Herman menegaskan.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img