spot_img
Jumat 17 Mei 2024
spot_img
More

    Jelang Pilkada 2024 Empat Parpol di Ciamis Siapkan Satria Piningit

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Jelang Pilkada 2024, sejumlah Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Ciamis melakukan manuver politik dengan menjalin komunikasi secara terbuka. Demi menemukan format koalisi terbaik dalam menentukan calon pemimpin Ciamis.

    DPC Partai Demokrat, DPC PDIP, DPS PKB dan DPD PKS Kabupaten Ciamis bertemu untuk membahas bakal calon yang akan diusung untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), di salah satu kafe di jalan Ir. H. Djuanda Ciamis, Kamis (2/5/2024).

    Pertemuan tersebut diwakilkan oleh empat politisi senior, yakni Ketua penjaringan Calon Bupati/Calon Wakil Bupati Ciamis Partai Demokrat Ciamis Sopwan, Sekretaris DPC PKB Ciamis Irawan, Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPC PDI Perjuangan Yogi Permadi dan Sekretaris PKS Ciamis Ade Amran.

    Berbalut suasana santai namun serius,  mereka bertemu bertukar narasi visi dan konsep terbaik. Untuk memecah kebuntuan dan mematangkan koalisi.

    Stagnasi Politik

    Keterangan Foto: Pertemuan Ketua penjaringan Calon Bupati/Calon Wakil Bupati Ciamis Partai Demokrat Ciamis Sopwan, Sekretaris DPC PKB Ciamis Irawan, Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPC PDI Perjuangan Yogi Permadi dan Sekretaris PKS Ciamis Ade Amran di salah satu kafe di jalan Ir. H. Djuanda Ciamis, Kamis (2/5/2024).
    Keterangan Foto: Pertemuan Ketua penjaringan Calon Bupati/Calon Wakil Bupati Ciamis Partai Demokrat Ciamis Sopwan, Sekretaris DPC PKB Ciamis Irawan, Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPC PDI Perjuangan Yogi Permadi dan Sekretaris PKS Ciamis Ade Amran di salah satu kafe di jalan Ir. H. Djuanda Ciamis, Kamis (2/5/2024).

    Dalam kesempatan tersebut Sopwan menegaskan sampai hari ini belum ada kerangka gambaran koalisi yang jelas. Berawal dari koreksi atas terjadinya stagnasi politik di Kabupaten Ciamis.

    “Sehingga, munculah kesepahaman bahwa mereka akan segera mendorong dan meminta pimpinan masing-masing Parpol untuk secepatnya menjajagi dan mematangkan koalisi,” kata Sopwan.

    Sopwan menuturkan, ke empat partai ini juga sedang mempersiapkan sosok Satria Piningit. Yakni figur yang memiliki integritas, pengalaman, serta kemampuan memimpin dan berkomunikasi yang baik.

    “Pada Pilkada mendatang kami sepakat untuk mencari dan mendukung sosok yang kami anggap sebagai Satria Piningit. Seorang pemimpin yang kami harap akan membawa perubahan positif bagi Kabupaten Ciamis,” katanya.

    Sopwan menjelaskan, sosok Satria Piningit adalah kandidat yang memenuhi seluruh kualifikasi yang akan memenangkan Pilkada. Yakni figur yang memiliki visi, integritas, dan dedikasi untuk memimpin dan mengabdi kepada kepentingan rakyat Tatar Galuh.

    “Sama seperti halnya partai-partai lain kami juga memiliki dan menyiapkan kader terbaik. Tentunya yang akan kami usung sebagai Calon Bupati/Calon Wakil Bupati. Akan tetapi DPP memerintahkan DPC Demokrat Ciamis untuk membuka penjaringan bakal Calon Bupati Ciamis, jadi siapapun yang akan mendaftar terbuka untuk umum,” ungkapnya.

    Koalisi Terbuka Untik Pilkada Ciamis Tahun 2024

    Sopwan menambahkan, pihaknya juga masih berkomunikasi dengan partai lain. Karena nantinya koalisi ini terbuka untuk partai lain, artinya tidak mengunci.

    “Semoga saja dari hasil pertemuan ini ada lagi partai bertambah. Karena dari komunikasi yang kami bangun memiliki visi yang sama untuk kemenangan rakyat,” jelasnya.

    Sementara itu Sekretaris DPC PKB Ciamis Irawan mengungkapkan, jika terjadi koalisi, ke empat parpol ini akan mampu bersaing menghadapi siapapun lawannya untuk Pilkada 27 November 2024 nanti.

    “Kami saat ini tengah menggodog kader internal. Agar siap bersanding dengan calon-calon yang mempunyai pemahaman dan tujuan yang sama,” ujar Irawan.

    Wakil Ketua Bappilu DPC PDI Perjuangan Yogi Permadi menyampaikan, partainya sudah memiliki tradisi mengusung kader.

    “Dari beberapa kontestasi politik khusunya pilkada kami memiliki kebiasaan untuk mengusung kader terbaik kami, dan itu akan di tentukan oleh DPP,” kata dia.

    Sekretaris PKS Ciamis Ade Amran mengaku, akan mendorong kader terbaiknya. Yakni Didi Sukardi dan Dede Herli.

    “Terkait sosok Satria Piningit yang menjadi pembahasan. Dalam pertemuan tersebut semua bersepaham sedang menunggu munculnya sosok Satria Piningit untuk Pilkada Ciamis,” pungkasnya.

    Satria Piningit merupakan sosok yang diramalkan oleh sang peramal legendaris Jayabaya. Yang akan menjadi seorang pemimpin yang mampu membawa perubahan dan kesejahteraan bagi rakyatnya.

    (Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img