spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Waspada Omicron, India Tutup Semua Penerbangan Internasional

    INDIA,FOKUSJabar.id: India menangguhkan penerbangan internasional sampai 31 Januari 2022 demi memutus penyebaran Covid-19 varian Omicron.

    Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (DGCA) mengatakan, kebijakan itu mulai berlaku sejak Rabu (15/12/2021).

    “Otoritas berwenang menangguhkan layanan penumpang komersial internasional ke dan dari India hingga pukul 23.59 pada 31 Januari 2022,” Tulis keterangan DCGA.

    BACA JUGA: Kebakaran di Gedung WTC Hong Kong, Ratusan Orang Terjebak!

    DCGA menyebut, aturan ini tidak berlaku untuk penerbangan kargo dan penerbangan yang telah disetujui pemerintah.

    “Penerbangan internasional diizinkan untuk rute yang dipilih otoritas penerbangan berdasarkan kasus per kasus,” tambah DCGA, seperti dilansir IDN.

    Penangguhan juga tidak berlaku bagi semua penerbangan internasional di bawah kesepakatan travel bubble.

    Layanan penumpang internasional telah ditangguhkan di India sejak 23 Maret 2020. Tetapi, penerbangan internasional khusus telah beroperasi di bawah Misi Vande Bharat sejak Mei 2020 dan di bawah skema travel bubble bilateral dengan negara-negara tertentu sejak Juli 2020.

    India telah membentuk pakta travel bubble dengan sekitar 32 negara termasuk Amerika Serikat (AS), Inggris, Uni Emirat Arab, Kenya, Bhutan, dan Prancis.

    Selain India, Israel pada November lalu sempat menangguhkan seluruh penerbangan internasionalnya. Mereka memilih kebijakan menutup perbatasan dari seluruh negara, tidak seperti AS yang menutup perbatasan bagi sejumlah negara Afrika di tengah kekhawatiran terhadap Omicron.

    BACA JUGA: Omicron masuk Indonesia, Puan Maharini Ikut Bicara

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img