spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Rusia Bakal Kirim Kapal Perang Ke RI, Ada Apa?

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Rusia bakal mengirimkan kapal perangnya ke perairan Indonesia pada 1 hingga 3 Desember 2021 itu.

    Kapal perang itu dikirim untuk melakukan latihan bersama negara-negara ASEAN di wilayah perairan utara Pulau Sumatera.

    Duta Besar Rusia untuk ASEAN Alexander Ivanov mengatakan, pihaknya akan menerjunkan armada kapal tempur penghancur anti kapal selamnya, Admiral Panteleyev.

    BACA JUGA: 13 Orang di Belanda Terpapar Varian Omicron, Negara Eropa Panik!

    “Kapal anti kapal-selam besar, Admiral Panteleyev, akan menghadiri latihan itu dari sisi Rusia,” kata Ivanox, Senin (29/11/2021) waktu setempat.

    Admiral Pateleyev buatan tahun 1987 itu memiliki beberapa kemampuan pengangkutan amunisi tempur. Amunisi yang dikandung kapal itu adalah tabung peluncur SS-N-14. Dibantu radar bawah laut, SS-N-14 mampu diluncurkan secara vertikal dengan jarak 55 kilometer serta kecepatan jelajah 0.9 Mach.

    kapal tempur itu mampu melumpuhkan sasaran yang berada hingga 500 meter di bawah permukaan laut.

    Latihan bersama ASEAN dan Rusia ini sebenarnya merupakan buah dari pertemuan Rusia-ASEAN pada 28 Oktober lalu. Dalam pertemuan itu, dibahas juga beberapa proyek kerjasama strategis antara kedua pihak.

    Ivanov mengatakan, Menhan RI Prabowo akan langsung membuka gelaran latihan itu. Prabowo disebutkan akan meresmikan latihan itu dari atas Admiral Panteleyev.

    “Latihan ini bertujuan untuk melatih AL Rusia dan AL ASEAN dalam bekerjasama menciptakan keamanan maritim bagi lalu lintas komersial,” kata dia, seperti dilansir CNBC.

    BACA JUGA: Super! Kapal Perang Buatan Indonesia Ini Dibuat Cuma 2 Tahun

    (Agung)

     

    Berita Terbaru

    spot_img