spot_img
Kamis 23 September 2021
spot_img
spot_img

Berminat Liburan Ke Pulau Komodo? Simak Berikut Cara Booking Tiket Online Melalui WhatsApp

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Awal Agustus nanti atau tepatnya pada tanggal 1 Agustus 202 tiga tempat wisata favorit di Taman Nasional Komodo Nusa Tenggara Timur akan kembali dibuka.

Tiga tempat wisata yang akan dibuka pada tanggal 1 Agustus 2021 tersebut yaitu, Pulau Komodo, Pulau Padar dan Gili Lawa.

Jika wisatawan berminat untuk mengunjungi Taman Nasional Komodo bisa melakukan pendaftaran secara daring.

Sebagaimana dikabarkan oleh akun Instagram resmi TN Komodo @btn_komodo, seluruh wisatawan harus melakukan pendaftaran atau registrasi tiket secara daring.

Pendaftaran tersebut bisa dilakukan dengan membuka link https://registration.labuanbajoflores.id atau mendaftar melalui nomer WhatsApp 0811-2222-2542.

BACA JUGA: Kampung Korea Bandung, Destinasi Wisata Travelling

“Taman Nasional Komodo memberlakukan pembatasan kuota pengunjung yakni hanya sebesar 25 pengunjung setiap harinya di Gili Lawa, kuota pengunjung itu akan kami evaluasi per 2 Minggu” tulis akun Instagram @btn_komodo, Kamis (29/7/2021).

FOKUSJabar.id Pulau Komodo
Pulau Komodo. (Foto: Web)

“Wisatawan juga harus melakukan pendaftaran secara daring sebelum memasuki ODTWA di kawasan TN Komodo” tulis postingan Instagram @btn_komodo, menambahkan.

Jika wisatawan berminat untuk mendaftar secara daring namun masih belum faham cara daftarnya bisa simak cara berikut, cara daftar secara daring untuk berlibur ke Pulau Komodo.

– ketik https://registration.labuanbajoflores.id pada mesin pencarian google.

– jika sudah maka akan tampil halaman antarmuka dari situs web tersebut, lalu klik ‘Resgistrasi via Whatsapp’ dengan meng klik ‘Hallo, Saya ingin melakukan registrasi online labuan bajo flores’.

– Jika sudah mendaftarkan nomer WhatsApp, berikutnya akan muncul chat secara otomatis ke nomer WhatsApp wisatawan.

– Chat tersebut berisi pilihan bahasa balas 1 jika menggunakan bahasa Inggris balas 2 jika menggunakan bahasa Indonesia. Jika berniat membatalkan registrasi bisa membalas batal.

– Jika sudah memilih bahasa yang digunakan, berikutnya bot akan membalas chat secara otomatis yang berisikan seputar pendaftaran.

– Klik Daftar jika akan melakukan pendaftaran secara daring.

– Setelah membalas daftar berikutnya bot akan membalas chat seputar formulir pendaftaran, pilihan tempat wisata dan waktu kunjungan.

– Jika wisatawan memilih berkunjung ke Pulau Padar kode tujuan untuk daftar secara daringnya yaitu PDR, untuk Gili Lawa yaitu GLW.

Perlu diketahui juga jam operasional dari pulau padar dibagi menjadi tiga waktu yakni pukul 05.30 – 07.30 WITA, pukul 08.00 – 10.00 WITA dan pukul 15.00 – 10.00 WITA. 

Sementara itu jam operasional untuk tempat wisata Gili Lawa hanya memiliki satu jam kunjungan perhari yakni pada pukul 15.00 – 18.30 WITA.

Adapun jika wisatawan hendak memeriksa jumlah slot kuota yang tersedia untuk pengunjung bisa melakukan chat dengan cara ketik ‘Kode tujuan, lalu tanggal berkunjung.

Jika kuota kunjungan sudah habis maka akan langsung muncul balasan secara otomatis yang memberitahukan bahwa kuota kunjungan sudah penuh.

Namun, jika kuota kunjungan masih tersedia selanjutnya wisatawan akan digiring untuk mengisi formulir pendaftaran.

Lalau setelah melakukan pendaftaran, berikutnya bot akan mengarahkan wisatawan untuk mengisi Identitas diri, Nama, dan Jenis kelamin.

Identitas diri tersebut bisa diisi dengan NIK, SIM dan paspor. 

Setelah melengkapi identitas data diri, selanjutnya bot akan mengirimkan tanda konfirmasi kepada pendaftar.

Jika ada informasi yang kurang tepat bisa membalas ‘Tidak’ sementara jika informasi yang diberikan sudah benar balas ‘Ya’.

Jika pendaftaran sudah mantap untuk membalas Ya berikutnya bot akan menyuruh pendaftaran untuk mengisi kontak darurat yang bisa dihubungi untuk dikirim kode OTP.

Selanjutnya pendaftaran akan diberikan pengarahan seputar kunjungan wisata ke Pulau Komodo.

Setelah itu bot akan membalas bahwa pendaftaran telah selesai. Ingat jangan menghapus chat tersebut karena chat itu akan digunakan sebagai bukti kepada petugas penjaga saat tiba di tempat wisata.

(Fauza)

Artikel Lainnya

spot_img