spot_img
Jumat 24 Mei 2024
spot_img
More

    Tebing Longsor di Gunungsari Ciamis Tutup Saluran Air Cikopeng

    CIAMIS,FOKUSJsbar.id: Tebing setinggi 20 meter yang  yang berada di pinggir jalan Dusun Desa Gunungsari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis Jawa Barat longsor.

    Akibat  tebing tersebut longsor material longsorannya menimbun saluran air  sehingga pasokan air untuk keperluan warga dan pesawahan serta kolam tertutup.

    Menurut Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis Ani Supiani, kejadian longsornya tebing di wilayah Desa Gunungsari tadi petang saat terjadi hujan deras dengan intensitas yang cukup tinggi menerjang wilayah itu.

    ” Tadi sekitar pukul  16.30 saat hujan sedang mengguyur tebing itu longsor,”katanya. Kamis (25/4/2024)

    Ani menuturkan, akibat tebing tersebut longsor tembok penahanan ambrol sehingga materialnya menutupi saluran air Cikopeng.

    “Saluran air Cikopeng yang tertimbun material longsoran itu mengairi area pesawahan dan pasokan air bagi kebutuhan warga dua rukun tetangga (RT),” ucapnya.

    Ani mengatakan, agar pasokan air untuk warga dan pesawahan mengalir kembali material longsoran yang menutupi saluran air Cikopeng tersebut harus segera dibersihkan.

    “Untuk saat material longsoran yang menimbun saluran air Cikopeng itu masih belum terbersihkan. Karena hujan masih turun dengan cukup deras,” ungkapnya.

    (Husen Maharaja/Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img