spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Tebing Longsor di Desa Darmacaang Ciamis, Akses Jalan Tertutup

    CIAMIS,FOKUSJabar.id : Hujan deras dengan intensitas yang cukup tinggi mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis dan sekitarnya. Kondisi tersebut mengakibatkan sejumlah wilayah Kecamatan diterjang bencana tanah longsor. Kemudian mengakibatkan sejumlah rumah dan jalan, pemukiman dan kolam milik warga terdampak.

    Menurut Kepala pelaksana harian (Kalakhar) BPBD Kabupaten Ciamis Ani Supiani, dugaan terjadinya tebing longsor karena tanah di lokasi tersebut gembur. Terlebih kondisi terjangan hujan deras dengan intensitas yang cukup tinggi terus mengguyur wilayah tetsebut.

    “Ada sejumlah titik tanah longsor di wilayah Kabupaten Ciamis yang tercatat di BPBD Ciamis,” katanya. Kamis (25/4/2024)

    Ani menuturkan, kejadian di wilayah Desa Darmacaang Kecamatan Cikoneng tebing setinggi 18 meter dengan panjang 20 meter ambrol. Kemudian material longsoran menimbun jalan Kabupaten yang ada di wilayah itu.

    “Saat terjadinya longsor jalan sempat tidak bisa dilalui kendaraan karena ada pohon kelapa dan pohon menutupi jalan itu,” ucapnya.

    Ani mengatakan, selain longsor tebing yang terjadi di wilayah Desa Darmacaang juga tebing longsor tersebut terjadi di wilayah Dusun Batu Malang Desa Nasol.

    “Satu rumah di wilayah Dusun Baru Malang Desa Nasol bagian belakangnya diterjang material longsoran dari  tebing belakang rumah itu,” jelasnya.

    Ketpot: Longsor yang terjadi di Desa Darmacaang saat sedang dibersihkan dan rumah warga di Dusun Batu Malang yang terkena longsoran langsung diberi bantuan
    Ketpot: Longsor yang terjadi di Desa Darmacaang saat sedang dibersihkan dan rumah warga di Dusun Batu Malang yang terkena longsoran langsung diberi bantuan

    Ani mengatakan, pasca kejadian tim BPBD bersama unsur TNI-Polri dan Dinas terkait langsung membersihkan material longsoran. Dengan menerjunkan alat berat di lokasi.

    ” Saat ini material longsoran sedang dibersihkan. Kemudian arus lalulintas sudah bisa dilalui kendaraan lagi karena pohon kelapa yang terseret longsor sudah dievakuasi,”ungkapnya.

    (Husen Maharaja/Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img