spot_img
Senin 2 Agustus 2021
spot_img
spot_img

7 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kunyit Putih (Curcuma zedoaria (Christm.) Roscoe syn. Curcuma pallida Lour. (Heyne)) adalah salah satu spesies dari famili Zingiberaceae yang telah dikomersilkan penggunaan rhizomanya sebagai tanaman obat dan empon-empon.

Produk alaminya banyak digunakan dalam industri parfum, pewarna untuk industri pangan dan sebagai obat atau campuran obat. Khasiatnya bermacam-macam, tetapi biasanya terkait dengan pencernaan.

Lebih lengkap, rimpangnya dipakai sebagai obat kudis, radang kulit, pencuci darah, perut kembung dan gangguan lain pada saluran pencernaan serta sebagai obat pembersih dan penguat (tonik) sesudah nifas.

BACA JUGA: 6 Cara Atasi Anyang-anyangan

Penelitian menunjukkan, Kunyit Putih juga memiliki aktivitas antitumor, hepatoprotektif, anti-peradangan dan analgesik.

Rimpang mengandung zat warna kuning kurkumin (diarilheptanoid). Komponen minyak atsiri dari rimpangnya terdiri dari turunan Guaian (kurkumol, isokurkumenol, prokurkumenol, kurkurnadiol), turunan Germakran (Kurdion, Dehidrokurdion), seskuiterpana furanoid dengan kerangka eudesman (Kurkolon).

Kerangka Germakran (Furanodienon, Isofuranodienon, Zederon, Furanodien, Furanogermenon), kerangka Eleman (Kurserenon identik dengan edoaron, Epikurserenon, Isofurano germakren), Asam-4-metoksi sinamat (bersifat fungistatik). Dari hasil penelitian lain ditemukan kurkumanolid A, kurleumanolid B, dan kurkumenon.

Salah satu rempah “ajaib” untuk masakan Asia, kunyit digunakan sebagai bahan ramuan pengobatan tradisional turun-temurun. Bukan cuma kunyit biasa yang berwarna kuning, ternyata kunyit putih pun tidak kalah populernya.

Dikeringkan, rempah yang berbau seperti campuran mangga dan kunyit ini digunakan di Indonesia sebagai bumbu untuk kari dan boga bahari. Sama seperti “saudaranya”, kunyit putih tak cuma untuk menyedapkan makanan, tetapi juga menyehatkan badan dan mempercantik penampilan.

Penasaran apa saja manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan? Berikut ulasannya:

  1. Menurunkan potensi pemicu Kanker

Tak bisa dipungkiri kalau sudah ada yang mengetahui kalau kunyit putih diyakini bisa menghambat penyebaran kanker dari satu organ ke organ lainnya. 

Dilansir dari Healthline, efektivitas dari kunyit putih ini dianggap lebih alami ketika berusaha menurunkan potensi kanker.

Cara pengolahannya: 

  • Cuci kunyit putih hingga bersih.
  • Potong kecil-kecil seperti dadu.
  • Jemur potongan kunyit putih di bawah sinar matahari hingga kering.
  • Giling secara halus menggunakan gilingan obat sebelum dikonsumsi.
  1. Meredakan peradangan dan nyeri sendi

Kunyit putih memiliki kandungan anti-inflamasi, sehingga dapat membantu mengobati peradangan, luka hingga berbagai penyakit kulit lainnya. 

kunyit putih fokusjabar.id
Ilustrasi (foto web)

Rempah ini memiliki sifat diuretik yang dapat membantu keluarnya zat beracun dari tubuh, terutama zat beracun pada persendian.

Tak hanya itu, jika kunyit putih dikonsumsi secara tepat dapat mengurangi suhu tubuh sewaktu mengalami demam dengan mematikan mikroba infeksius dan meningkatkan produksi keringat.

  1. Antimikroba dan antijamur

Manfaat lainnya berperan sebagai antimikroba dan antijamur yang ampuh karena ekstrak kunyit putih dapat melawan berbagai bakteri sumber penyakit.

kunyit putih fokusjabar.id
Ilustrasi (foto web)

Jika rutin dikonsumsi dengan pengolahan yang benar, maka dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti diare, keracunan makanan, sepsis hingga melawan infeksi jamur. 

Bahkan bisa dijadikan sebagai obat kumur yang ampuh mengurangi bakteri jahat di dalam mulut.

  1. Penghilang rasa sakit

Ketika ingin menggunakan kunyit putih sebagai penghilang rasa sakit perlu diketahui bahwa ada kandungan senyawa yang bernama Curcumenol. Kandungan tersebut dapat mengurangi rasa sakit bahkan bisa lebih baik dari aspirin. 

kunyit putih fokusjabar.id
Ilustrasi (foto web)

Sebagai obat alami untuk menghilangkan rasa sakit, maka rempah asli Indonesia ini berguna sebagai obat penyakit radang usus.

Rempah ini juga digunakan sebagai terapi jangka pendek dapat berperan sebagai penekan peradangan, sehingga tak ada lagi penyempitan saluran udara. 

  1. Mengatasi dan mengobati Maag

Sebelum mengonsumsi obat-obatan kimia untuk mengatasi penyakit maag, anda dapat menggunakannya sebagai pengobatan alami.

kunyit putih fokusjabar.id
(Ilustrasi (foto web)

Di dalam rempah ini terdapat beberapa kandungan yang baik untuk tubuh ketika mengatasi maag (minyak atsin, gula, saponin, protein toksin, damar, flavonoida, amilium, tinanin, kurkumin dan lainnya).

Dengan berbagai kandungan ini, maka bisa memberikan manfaat yang efektif dalam mengobati penyakit maag. 

Jika rutin dikonsumsi, maka kunyit putih dapat mengurangi keasaman cairan lambung yang dapat berguna agar terhindar dari sakit maag. 

  1. Menjaga sistem pencernaan terhindar dari penyakit

Rempah ini juga bermanfaat menjaga sistem pencernaan selama ribuan tahun lalu. Ketika diolah dan diproduksi menjadi minyak esensial, maka dapat memberikan manfaat positif untuk kesehatan seperti cacingan, perut kembung, kejang otot, penurunan nafsu makan hingga melancarkan ketika merasa sulit ketika buang air besar. 

Bahkan, dapat memberikan pengobatan alami dalam mencegah radang usus. 

  1. Membantu wajah menjadi lebih cerah dan sehat

Manfaat lainnya mampu mencerahkan wajah. Jika wajah terasa sedang kusam dan ingin membuatnya lebih cerah, anda bisa menggunakannya sebagai masker. 

Perlu diketahui bahwa kandungan nutrisi dan vitamin serta pati pada kunyit putih sangat baik untuk tubuh, sehingga membantu kulit wajah menjadi lebih cerah serta sehat. 

kunyit putih fokusjabar.id
Ilustrasi (foto web)

Untuk bisa mencerahkan wajah, anda perlu mengaplikasikannya menjadi masker dan rutin digunakan 1 sampai 2 kali dalam seminggu. Setidaknya ini dapat membuat kulit wajah menjadi lebih cerah lebih maksimal. 

Itu dia beberapa manfaat kunyit putih untuk kesehatan yang perlu diketahui. Semoga rempah ini sebagai salah satu bahan alami bisa digunakan dengan baik untuk kesehatan keluarga.

(Bambang Fouristian/berbagai sumber) 

Artikel Lainnya

spot_img