spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    100 Desa Di Jabar Ambil Bagian Dalam Anugrah Desa Wisata Indonesia

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: 100 Desa di Jabar akan ambil bagian daam acara Anugrah Desa Wisata Indonesia 2021, yang di selenggarakan oleh Kementrian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

    Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar Dedi Taufik mengatakan, saat ini pihaknya sedang fokus mencari desa wisata yang masuk kriteria menjadi kriteria sejumlah kategori dalam Anugrah Desa Wisata Indonesia 2021.

    Rencana keikutsertaan pun tidak terlepas dari arahan Menteri Parekraf, Sandiaga Uno. Pada akhir pekan lalu, Dedi Taufik mendampinginya berkunjung ke Desa Cibuntu dan Desa Cipasung di Kabupaten Kuningan.

    “Arahan pak Menteri dalam Anugerah Desa Wisata 2021 kami targetkan ada 100 desa yang bisa berpartisipasi. Ini juga bisa menjadi salah satu opsi untuk Pemerintah Provinsi Jawa Barat mempromosikan desa wisata yang sudah berjalan,” kata Dedi.

    Di Jabar ada sekitar 5312 desa, Disparbud jabar akan usulkan dari yang embrio, berkembang dan desa wisata yang sudah maju. Target ada 100 desa wisata yang ikut dalam anugerah tersebut.

    Beberapa kriteria desa yang dipilih nantinya akan menyesuaikan dengan kategori yang diusung. Yakni, CHSE, Desa Digital, Souvenir (kuliner, fesyen dan kriya), daya tarik wisata (berbasis alam, budaya atau buatan), konten kreatif, penginapan dan kamar kecil.

    BACA JUGA: Jabar Siapkan Kamar dan Nakes Atasi Lonjakan COVID-19

    “Kami akan menyiapkan secara maksimal. Kami harus optimis karena desa di Jawa Barat punya keunikan. Seperti Desa Cibuntu, Desa Cipasung ada juga Ciptagelar, banyak sekali. Ini kami sedang pilih. Pak menteri juga menyebut akan meng-create bahwa pertumbuhan (ekonomi) bisa muncul di desa,” kata Dedi.

    Menparekraf  Sandiaga Uno mengatakan, Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 terus disosialisasikan pada 22 Mei hingga 25 Juni. Ajang ini pun adalah upaya agar desa wisata berbenah sekaligus membangkitkan perekonomian di sektor wisata.

    “Ada 57 ribu desa di seluruh Indonesia yang memiliki daya tarik wisata. Kategori penilaian yang diberlakukan diharapkan mampu mendorong berkembangnya desa wisata menjadi wisata berkelanjutan dan sebagai bahan untuk meningkatkan kualitas yang dapat diikuti oleh semua desa di Indoensia,” kata Sandiaga Uno.

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img