spot_img
Sabtu 17 April 2021
spot_img
spot_img

8 Rahasia Lamtoro Gung untuk Kesehatan Anda

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Lamtoro gung/petai cina (Leucaena leucocephala subsp. glabrata) merupakan subspesies dari tumbuhan Lamtoro.

Lamtoro gung yang besar biasa digunakan sebagai pupuk hijau, pelindung tanaman kopi, cokelat dan vanili.

Daunnya untuk makanan ternak dan kayunya untuk kayu bakar dan bahan bangunan. Tumbuhan ini memiliki ukuran sedang yang tumbuh cepat, penting untuk agroforestri. Sedangkan lamtoro umum adalah semak belukar kecil yang dianggap sebagai gulma invasif.

BACA JUGA: 9 Manfaat Kentang untuk Kesehatan, No 6 Luar Biasa

Lamtoro gung dapat ditanam sebagai pohon berkayu. Ketinggiannya bisa mencapai 20 meter dan daunnya dipanen beberapa kali dalam setahun.

lamtoro gung fokusjabar.id
Petai Cina (foto web)

Lamtoro gung yang ditanam untuk pakan ternak dapat menghasilkan hijauan bahan kering hingga 34 Mg ha − 1 tahun − 1. Hasil hijauan yang tinggi bersama-sama dengan kandungan protein yang tinggi menjadikan leucaena legum pakan ternak yang ideal untuk daerah tropis dan subtropis di dunia.

Meskipun mimosin yang ada di dedaunan leucaena memiliki toksisitas, seharusnya tidak menjadi perhatian besar karena hewan ternak ruminansia dapat mengabaikan mimosin.

Mimosin yang ada di dedaunan lamtoro gung dapat dihilangkan dengan mudah dan murah melalui proses sederhana.

Kultivar lamtoro gung umumnya bebas dari penyakit dan sangat toleran terhadap kekeringan. Meskipun infestasi oleh hama psyllids mungkin menjadi masalah, sejumlah kultivar yang resisten terhadap psyllid telah dikembangkan melalui hibridisasi antarspesies.

lamtoro gung fokusjabar.id
Lamtoro Gung (foto web0

Kayu lamtoro gung dapat digunakan untuk produksi kayu, bubur kertas atau biofuel. Dedaunan dan kayunya dapat berfungsi sebagai bahan baku untuk pengembangan industri baru untuk produksi phytochemical seperti mimosin, tannin dan antosianin, produk kayu, dan pakan ternak protein tinggi untuk hewan ternak di masa depan.

Lamtoro gung dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit. Di anataranya:

  1. Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang disebabkan tingginya kadar gula darah. Penyakit ini apabila tidak segera diatasi maka dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Pasalnya kelebihan gula darah dapat menimbulkan masalah kronis, seperti penyakit jantung hingga stroke.

Cara mengatasi penyakit diabetes salah satunya mengonsumsi petai cina. Kandungan senyawa berupa isothiocyanate pada tanaman ini berfungsi efektif menurunkan kadar gula darah.

  1. Membantu Program Diet

Obesitas atau kelebihan berat badan menjadi penyakit yang banyak dialami seseorang. Salah satu cara alternatif mencegah obesitas adalah mengonsumsi petai cina. Pasalnya, memiliki kandungan senyawa berupa isothiocyanate yang dapat berfungsi membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, kandungan bioaktif pada petai cina juga berperan penting mencegah gangguan metabolisme. Mengonsumsi petai cina secara rutin dan teratur dapat berfungsi efektif mencegah obesitas dan menghindarkan Anda dari penyakit berbahaya lainnya.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat petai cina yang tak kalah penting lainnya ialah meningkatkan kekebalan tubuh. Seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah maka akan dengan mudah terserang penyakit.

Sebaliknya, orang yang memiliki kekebalan tubuh yang kuat akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Salah satu cara meningkatkan sistem imunitas tubuh adalah mengonsumsi petai cina.

Kandungan nutrisi asam amino pada petai cina berperan penting untuk menjaga sistem pencernaan tubuh. Selain itu, kandungan nutrisi ini juga berfungsi efektif memperbaiki segala proses pertumbuhan dalam tubuh.

  1. Mencegah Kanker

Kanker merupakan penyakit yang paling mematikan di dunia. Oleh karena itu, sejak dini harus mulai melakukan upaya pencegahan. Salah satu cara alternatif dan efektif mencegah penyakit kanker adalah mengonsumsi petai cina.

Petai cina mengandung protein dan vitamin C yang berperan penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan melindungi dari kerusakan sel.

Sehingga petai cina dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis, seperti jantung. Mengonsumsi petai cina secara rutin dan teratur sangat efektif menurunkan risiko penyakit kanker.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung telah menyebabkan angka kematian tinggi di dunia. Sudah seharusnya melakukan upaya pencegahan sejak dini. Cara yang cukup efektif dalam mencegah penyakit ini adalah mengonsumsi petai cina.

lamtoro gung fokusjabar.id
(foto web)

Petai cina memiliki kandungan kalsium serta efek antioksidan yang dapat secara efektif membantu mencegah penyakit jantung. Manfaat petai cina ini dapat diperoleh dengan mengonsumsinya secara rutin.

  1. Membasmi Cacingan

Manfaat berikutnya dapat membasmi cacingan. Hal ini karena petai cina memiliki efek detoksifikasi yang tak hanya mengeluarkan racun, namun juga dapat membasmi cacingan.

Selain itu, petai cina juga memiliki sifat anti bakteri dan anti virus yang berperan penting dalam mengeluarkan cacing di dalam tubuh. Cara mendapatkan khasiatnya cukup mudah, Anda hanya perlu mengonsumsi petai cina secara langsung.

  1. Mengatasi Peradangan

Radang merupakan jenis penyakit yang ditandai cedera, seperti luka bakar atau terinfeksi bakteri dan virus pada bagian tubuh. Peradangan apabila tidak segara diatasi dapat memunculkan penyakit kronis, seperti penyakit jantung hingga kanker.

Manfaat petai cina satu ini sangat baik untuk mencegah peradangan. Pasalnya petai cina memiliki efek anti inflamasi yang berfungsi efektif meredakan peradangan. Selain itu, mengonsumsi petai cina secara teratur dapat menjaga kesehatan tubuh Anda.

  1. Menyehatkan Kulit

Manfaat petai cina berikutnya dapat menyehatkan kulit. Kandungan antioksidan pada petai cina berperan penting dalam mencegah penuaan dini.

Selain itu, kandungan berupa lisin, arginin hingga asam amino berfungsi efektif meregenerasi sel tubuh yang sudah rusak.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya Anda mengonsumsi petai cina secara rutin dan teratur. Selain mendapatkan kelezatannya, Anda juga akan merasakan manfaatnya.

(Bambang Fouristian/berbagai sumber)

Artikel Lainnya

spot_img