spot_img
Senin 19 April 2021
spot_img
spot_img

5 Trik Atasi Takut Jarum Suntik Saat Divaksin

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin resmi ijinkan Vaksinasi mandiri. Tetapi ketakutan pada jarum suntik bisa menjadi hambatan untuk program vaksinasi. Berikut 5 Trik Atasi Takut Jarum Suntik Saat Divaksin.

Takut jarum suntik sangat mudah dijumpai pada masyarakat indonesia. Bahkan tidak sedikit orang dewasa pun memliki ketakuan ini.

Berikut 5 Trik Atasi Takut Jarum Suntik Saat Divaksin:

1. Tutup mata

Melansir CNN, cobalah untuk menutup mata saat akan disuntik. Jangan lihat petugas mempersiapkan alat. Tetap rileks dan tenang, lalu pejamkan mata. Proses penyuntikan hanya berlangsung dalam hitungan detik saja.

2. Pergi bersama orang terdekat

Ajak orang terdekat untuk pergi menemani proses vaksinasi. Anda bisa mengajak orang tua, kakak, adik, pacar, atau teman. Orang-orang terdekat akan meningkatkan rasa percaya diri saat divaksin.

BACA JUGA: Vaksinasi Mandiri Resmi Dibuka, Ini Aturannya

3. Ajak berbicara atau ngobrol

Alihkan pikiran dengan mengajak orang terdekat atau bahkan petugas berbicara. Berbicara akan membuat tubuh lebih rileks dan tanpa disadari proses penyuntikan akan terlewati begitu saja.

4. Tarik napas dalam

Coba lakukan relaksasi saat hendak divaksin. Anda bisa menarik napas dalam-dalam untuk menenangkan diri. Coba tarik napas melalui hidung hingga perut membuncit dalam hitungan enam detik lalu keluarkan dari mulut dalam hitungan yang. Lakukan beberapa kali.

5. Mendengarkan musik

Pasang earphone dan bunyikan musik favorit Anda saat divaksin. Mendengarkan musik dapat membuat Anda asyik dengan lantunan melodi dan rasa takut bisa hilang.

(Agung)

 

 

Artikel Lainnya

spot_img