Rabu 13 Januari 2021

1.223 Nakes di Banjar Segera Divaksin

BANJAR, FOKUSJabar.id: Sebanyak 1.223 tenaga kesehatan (Nakes) di Kota Banjar akan divaksin di tahap pertama vaksinasi Covid-19. Jenis vaksin yang diberikan kepada nakes ini sama dengan yang dipakai Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Untuk diketahui, orang Indonesia yang pertama disuntik dengan jenis vaksin produksi Sinovac Life Science Co.Ltd.China dan PT Bio Farma.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjar Andi Bastian mengatakan ada 1.223 vaksin yang masuk ke Kota Banjar di tahap pertama. Angka itu mengikuti jumlah nakes di Kota Banjar.

Jenis vaksin telah mendapatkan izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization) dari Badan Pengawas Obat dan makanan (BPOM), serta telah mendapatkan rekomendasi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait kehalalannya melalui fatwa Nomor 2 Tahun 2021 tentang produk Vaksin Covid-19 dari Sinovac Life Sciences Co.Ltd. China dan PT Bio Farma.

“Vaksin ini telah mendapatkan izin dari EUA, BPOM dan rekomendasi MUI terkait kehalalannya,” kata Andi, Rabu (13/1/2021).

BACA JUGA: Nakes di Portugal Meninggal Gegara Vaksin Covid19? Ini Penjelasannya

Kendati begitu, Andi mengaku belum mendapat jadwal kapan dimulai vaksinasi tahap pertama di Kota Banjar. Namun pemerintah pusat menjadwalkan berlangsung sejak Januari hingga April mendatang.

Sementara itu, Jubir percepatan penanganan virus corona di Kota Banjar Agus Nugraha mengatakan bahwa kasus pasien terkomfirmasi positif Covid-19 di Kota Banjar terus meningkat.

“Saat ini sudah mencapai 445 pasien positif, dengan 132 orang positif aktif, 301 selesai perawatan dan 12 orang meninggal dunia,” kata Agus.

(Budiana Martin/LIN)

Artikel Lainnya

1.223 Nakes di Banjar Segera Divaksin 1
1.223 Nakes di Banjar Segera Divaksin 2