spot_img
Kamis 23 Mei 2024
spot_img
More

    Tips Sehat Turunkan Berat Badan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Menjaga berat badan tetap ideal adalah hal penting meski tidak mudah dilakukan, terlebih untuk seseorang dengan berat badan berlebih. Tidak sedikit orang yang berhasil dan tidak sedikit juga yang gagal.

    Lalu bagaimana cara menurunkan berat badan itu, dengan mengonsumsi obat-obatankah atau menjalani cara-cara tradisional. Mungkin bisa saja, tetapi butuh ketekunan dan ketelatenan menjalaninya.

    Tetapi tidak ada salahnya jika ingin mencoba cara-cara tradisional untuk menurunkan berat badan anda atau membuat berat badan ideal. Berikut tipsnya seperti dilansir dari aladokter:

    1. Mengonsumsi beras pecah kulit (beras coklat, merah atau campurannya)

    Berat Badan
    Beras Pecah Kulit (foto WEB)

    Beras jenis ini mengandung banyak serat dan karbohidrat yang mampu meningkatkan metabolisme serta membakar lemak dalam tubuh.Selain itu campuran beras ini juga mengandung kalori lebih renda ketimbang nasi putih. Beras ini menjadi pilihan lebih baik untuk dikonsumsi, terlebih kandungan nutrisi dan seratnya yang tinggi.

    BACA JUGA: Tips Sehat Turunkan Berat Badan dalam 1 Minggu

    1. Mengonsumsi Jahe

    Berat Badan
    Jahe baik untuk Menurunkan Berat Badan (foto WEB)

    Rempah jenis ini bisa dibilang cukup masyhur khasiatnya dalam menurunkan berat badan, terlebih jahe dianggap berperan penting mengendalikan berat badan, mengurangi peradangan hingga menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

    Sejumlah riset menyatakan bahwa mengonsumsi jahe baik sudah berbentuk teh maupun suplemen bisa membuat peminumnya cepat kenyang. Kolestrol dan gula darah pun cukup terkontrol.

    1. Mengonsumsi Teh (minum)

    Berat Badan
    Minum Teh Juga Berkhasiat Menurunkan Berat Badan (Foto WEB)

    Selain mengandung antioksidan dan mineral yang tinggi,  mengonsumsi teh juga bisa meningkatkan pembakaran lemak yang ujungnya mampu menurunkan berat badan. Tentunya harus juga ditopang dengan olahraga rutin dan diet sehat.

    1. Mengonsumsi air jeruk nipis

    Berat Badan
    Mengonsumsi Air Jeruk Nipis Bagus untuk Anda yang sedang Menurunkan Berat Badan (Foto WEB)

    Sumber antioksidan yang sangat baik ini juga mengandung kalium dan pelbagai vitamin yang menyegarkan serta bermanfaat menurunkan berat badan. Kandungan asam sitratnya bisa meningkatkan metabolisme hingga membuat tubuh membakar lebih banyak kalori.

    1. Mengonsumsi Madu

    Berat Badan
    Mengganti Gula Pasir Anda dengan Madu untuk menurunkan Berat Badan (Foto WEB)

    Jika biasanya menggunakan gula pasir sebagai campuran minuman hangat kita, kini bisa menggantinya dengan madu yang dipercaya bisa membantu mengendalikan berat badan. Selain itu madu juga bisa menekan nafsu makan karena hormon meningkat.

    Cara di atas tentunya masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Tetapi untuk mendapatkan hasil permanen menurunkan berat badan, bisa dicoba cara-cara berikut ini:

    1. Sarapan Pagi

    Berat Badan
    Sereal Gandum, Susu dan Buah menu Sarapan (Foto WEB)

    Dengan sarapan pagi tubuh kita lebih berenergi, tentunya ini juga membantu menekan nafsu makan. Tentunya menu sarapan sehat yang harus disiapkan, seperti seral gandum, buah, yoghurt atas susu rendah lemak. Itu semua penting untuk mencukupi gizi yang dibutuhkan tubuh di pagi hari.

    1. Buah dan Sayur

    Berat Badan
    buah dan sayur (Foto WEB)

    Jika biasanya kita lebih enak dan bersemangat memakan makanan mengandung tepung dan gula seperti roti dan biskuti, kini anda harus mulai melirik buah, sayuran dan biji-bijian yang mengandung nutrisi dan serat yang sangat banyak.Selain memenuhi kebutuhan nutrisi, tiga jenis itu pun mampu membuat kenyang lebih lama.

    1. Minum Air Putih

    Berat Badan
    Minum Air Putih Sebelum Makan Membuat Kenyang (foto EB)

    Minumlah sebelum makan agar merasa kenyang dan bisa membatasi asupan makan. Banyak minum air putih ini bisa menurunkan berat badan. Selain itu, mengubah cara makan, yakni dengan perlahan.

    Dengan cara itu tubuh bisa mendeteksi penambahan kalorai yang diserap. Selain itu juga bisa meningkatkan  produksi hormon yang terkait dengan penurunan berat badan.

    1. Olahraga

    Berat Badan
    Rutin Berolahraga Tentunya menentukan kebugaran tubuh dan membantu menurunkan berat badan (ilustrasi WEB)

    Tentunya semua itu harus ditunjang dengan olahraga rutin untuk membakar kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan begitu, berat badan akan turun, massa otot tubuh pun meningkat.

    (Olin)

    Berita Terbaru

    spot_img