spot_img
Senin 24 Juni 2024
spot_img
More

    Dukhan 15 Ramadhan Kiamat, Ini Penjelesannya

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Netizen tengah dihebohkan oleh fenoma Dukhan (kabut tebal) yang dikabarkan terjadi pada 15 Ramadhan atau Kamis 7 Mei 2020. Namun, Apakah sebenarnya Dukhan itu?

    Pengertian dukhan terdapat dalam ayat ke sepuluh dalam surat yang tergolong makkiyah ini. 

    فَارْتَقِبْ يَوْمَ تَأْتِى السَّمَاۤءُ بِدُخَانٍ مُّبِيْنٍ
    fartaqib yauma ta`tis-samā`u bidukhānim mubīn

    Artinya: Maka tunggulah pada hari ketika langit membawa kabut yang tampak jelas.

    BACA JUGA: Puasa Syawal Bagus untuk Sistem Cerna Adaptasi Usai Ramadhan

    Melansir Detik, Ad-Dukhan atau Dukhan adalah surat ke-44 yang terdapat dalam juz 25. Surat yang turun di Makkah ini memilki 59 ayat. Kabut yang menjadi peringatan tersebut diterangkan pada ayat 10-15 .

    Dukhan disebut dalam hadis yang diceritakan Hudhaifa Al-Ghifari. Dukhan disebut sebagai tanda hari kiamat bersamaan dengan munculnya dajjal.

    إنَّ السَّاعَةَ لا تَكُونُ حتَّى تَكُونَ عَشْرُ آيَاتٍ: خَسْفٌ بالمَشْرِقِ، وَخَسْفٌ بالمَغْرِبِ، وَخَسْفٌ في جَزِيرَةِ العَرَبِ وَالدُّخَانُ وَالدَّجَّالُ، وَدَابَّةُ الأرْضِ، وَيَأْجُوجُ وَمَأْجُوجُ، وَطُلُوعُ الشَّمْسِ مِن مَغْرِبِهَا، وَنَارٌ تَخْرُجُ مِن قُعْرَةِ عَدَنٍ تَرْحَلُ النَّاسَ

    Artinya: “Tidak akan terjadi hari kiamat hingga kalian melihat sepuluh tanda: bencana penenggelaman manusia ke tanah di negeri barat, negeri timur dan di jazirah Arab, terjadi ad dukhan, munculnya dajjal, munculnya dabbah, munculnya Ya’juj dan Ma’juj, terbitnya matahari dari barat, munculnya api yang keluar cekungan Aden yang mengusir manusia.” (HR Muslim.)

    Namun hingga kini tidak ada yang bisa menjelaskan lebih detail wujud dan kapan terjadi pastinya akan terjadi dukhan saat ramadhan itu.

    Jawaban wujud spesifik dukhan yang menjadi tanda hari kiamat hanya bisa dijawab Allah SWT.

     

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img