spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Lockdown Gegara Covid-19 Ini Artinya

    FOKUSJABAR.co.id: Covid-19 atau Virus Corona yang saat ini detetapkan oleh organisasi kesehatan dunia (WHO) sebagai pandemi yang menakutkan bagi masyarakat dunia. Beberapa negara akhirnya menerapkan kebijakan lockdown demi menghambat penularan virus covid-19 ini.

    Baca Juga : Covid-19 Emil Resmikan Keputusan Libur Sekolah 14 Hari

    Banyak istilah saat merebaknya covid-19 yang banyak beredar di masyarkat. Istilah ini sangat penting untuk dipahami agar kewaspadaan terus meningkat. Selain lockdown ada juga istilah lain seperti isolasi dan karantina. Berikut ini arti lockdown, isolasi, dan karantina yang diambil dari berbagai sumber, Minggu (15/03/2020)

    1. Lockdown

    Menurut kamus Bahasa Inggris, lockdown artinya kuncian. Yang berarti, negara yang terinfeksi akan mengunci akses masuk dan keluar untuk mencegah penyebaran virus corona yang lebih luas, diikuti dengan larangan mengadakan pertemuan umum dengan begitu, resiko penularan bisa berkurang.

    1. Isolasi

    Untuk istilah isolasi memiliki arti yang sama dengan lockdwon, dimana berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, isolasi berarti pemisahan suatu hal dari hal lain atau usaha untuk memencilkan manusia dengan manusia yang lain.

    1. Karantina

    Berbeda dengan karantina, dimana karantina memiliki arti lebih memisahkan dan membatasi pergerakan seseorang yang terpapar penyakit, tetapi tidak memiliki gejala yang bertujuan untuk mencegah adanya penyebaran penyakit.

    Seperti halnya pemerintah Indonesia disaat memulangkan WNI dari Wuhan untuk ditempatkan di Pulau Natuna selama dua minggu, ABK kapal pesiar Diamond Prince dan World Dream yang ditempatkan di Pulau Sebaru. (Ew)

    Berita Terbaru

    spot_img