spot_img
Wednesday 1 May 2024
spot_img
More

    Ini Perawatan Kulit saat Pendemi Covid-19

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Perawatan kulit menjadi salah satu kewajiban bagi untuk sebagian wanita, namun di tengah pandemi Covid-19 ini ada keterbatasan untuk melakukan perawatan diluar rumah karena anjuran pemerintah yang mengharuskan bergekiatan di rumah.

    Dengan demikian dengan kondisi seperti ini sejumlah wanita harus memutar otak untuk melakukan perawatan kulit secara mandiri di rumah. Ada beberapa tips perawatan kulit secara mandiri dari dokter Istighfariza Shaqina asal Bandarlampung.

    Istighfariza mengatakan, perawatan kulit sangat penting meskipun hanya berkegiatan didalam rumah, bahkan perawatan kulit harus dilakukan secara rutin selama Covid-19. Dengan demikian perawatan kulit ini tidak perlu harus pergi ke salon kecantikan.

    “Semua bisa dilakukan di rumah tanpa ke salon kecantikan, yang utama ada dua hal yaitu merawat kulit dari dalam serta dari luar,” katanya.

    BACA JUGA: Manfaat Kemangi untuk Kulit dan Rambut

    Yang pertama menurut dia, minum dan makan makanan yang sehat, seperti banyak minum air putih, kemudian makan buah-buahan, sayur yang memiliki fungsi untuk antioksidan. Kemudian harus mengurangi makanan berminyak serta jangan bergadang serta jauhi stres.

    “Kita harus pandai mengelola emosi, sebab faktor stres juga dapat mempengaruhi kulit, tidak hanya dari dalam, kita juga perlu melakukan perawatan dari luar,” kata dia.

    Kedua perawatan kulit harus dilakukan dari luar dan dari dalam, untuk perawatan dari dalam yaitu rajin mencuci wajah dua kali sehari, menjaga kebersihan rambut dengan rajin mencuci rambut, sering mengganti sarung bantal dan handuk untuk menghindari bakteri. Kemudian meski dalam rumah tidak kalah penting harus menggunakan unblock, serta jangan menyentuh jerawat dengan tangan untuk menghindari iritasi.

    Menurutnya, dengan menerapkan perawatan dari dalam serta luar secara rutin dapat membantu kulit tetap sehat selama beraktivitas di dalam rumah dalam rangka pencegahan persebaran COVID-19.

    “Meski di rumah saja kita juga perlu merawat diri, sebab dengan melakukan perawatan diri juga dapat membantu menghilangkan jenuh selama melakukan aktivitas di rumah, selain itu dengan mengkonsumsi makanan sehat kita mendapatkan dua manfaat yaitu bagi kulit serta imunitas tubuh,” katanya.

    (As/ANT)

    Berita Terbaru

    spot_img