spot_img
Kamis 25 Juli 2024
spot_img
More

    Mengungkap Arti ‘Rizz’ yang Sedang Populer di Kalangan Gen Z

    FOKUSJabar.id: Mengungkap Arti ‘Rizz’ yang Sedang Populer di Kalangan Gen Z. Fenomena media sosial selalu membawa istilah-istilah baru yang seringkali mengundang kebingungan bagi generasi yang lebih senior. 

    Salah satu kata yang sedang ramai digunakan oleh Gen Z belakangan ini adalah ‘Rizz’. 

    Terutama muncul dalam unggahan-unggahan di platform TikTok, istilah ini menarik perhatian para pengguna dengan pesonanya yang unik.

    Menurut laporan dari CNNIndonesia, sering menggungkan kata ‘Rizz’ dalam konten-konten yang berhubungan dengan flirting. Meskipun berasal dari singkatan ‘charisma’ atau karisma, ‘Rizz’ memiliki makna yang lebih luas dan kompleks daripada definisi standar.

    Bahkan, prestise yang ‘Rizz’ tunjukkan dapat terukur dari pengakuan yang Universitas Oxford berikan pada tahun 2023.

    Menyatakan sebagai kata terpopuler, ‘Rizz’ berhasil menempati posisi teratas dalam penggunaan daftar istilah bahasa gaul yang selama tahun tersebut.

    ‘Rizz’ merujuk pada daya tarik yang seseorang miliki dalam konteks keinginan untuk menarik perhatian orang lain, terutama dalam hal romantika. 

    Baca Juga: 4 Rekomendasi Baju Adat Simple Bagi Anak Perempuan Untuk Seragam Sekolah

    Menurut definisi penjelasan dari Oxford University Press. ‘Rizz’ sebagai kombinasi gaya, karisma, pesona, dan kemampuan untuk memikat pasangan romantis atau seksual. 

    Sebagai singkatan dari kata ‘karisma’, ‘Rizz’ lebih dari sekadar keterampilan dalam berkomunikasi.

    Tak hanya sebagai kata benda, istilah ini juga dapat menjadi kata kerja, seperti yang terlihat dalam frasa ‘to Rizz up’. 

    Dalam konteks ini, ‘Rizz’ memiliki arti menarik, merayu, atau menggoda seseorang dengan kepribadian yang menarik.

    Dalam substansi yang lebih dalam, bisa kita anggap sebagai evolusi dari konsep ‘game’ yang biasa kita gunakan untuk menyebut keterampilan dan kemampuan memikat orang lain secara seksual. 

    Namun, istilah ini tidak semata-mata tentang penampilan fisik semata, melainkan lebih menekankan pada kemampuan seseorang untuk menciptakan ketertarikan melalui kepribadian dan autentisitas diri.

    Dengan begitu, dapat mengambil kesimpulan bahwa ‘Rizz’ merupakan istilah yang menggambarkan keseluruhan pesona serta keterampilan dalam bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain, terutama dalam lingkup romantika. 

    Di TikTok, istilah ini telah menjadi bagian dari bahasa gaul yang Gen Z gunakan untuk berbagi informasi, cerita, dan pengalaman terkait dengan daya tarik dan pesona pribadi. 

    Semoga penjelasan ini dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai ‘Rizz’ bagi mereka yang penasaran dengan istilah yang tengah trend ini.

    (Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img