spot_img
Selasa 18 Juni 2024
spot_img
More

    4 Rekomendasi Baju Adat Simple Bagi Anak Perempuan Untuk Seragam Sekolah

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Untuk menumbuhkan rasa nasionalisme anak Indonesia sejak dini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah mengeluarkan aturan baru terkait seragam sekolah yang berlaku untuk semua jenjang pendidikan di tanah air.

    Dalam peraturan baru tersebut, disebutkan juga aturan untuk mengenakan baju adat di sekolah. Hal itu dijelaskan dalam pasal 10 ayat 3, dimana tertulis setiap siswa wajib menggunakan baju adat di hari-hari tertentu.

    Nah, berikut ini ada beberapa rekomendasi pilihan baju adat anak perempuan yang bisa di jadikan inspirasi dalam menentukan baju adat yang bisa digunakan anak untuk sekolah.

    1. Baju Adat Jawa

    Rekomendasi baju adat yang pertama untuk anak perempuan yang bisa digunakan untuk ke sekolah adalah baju Surjan Lurik yang menjadi ciri khas masyarakat Jawa.

    Awalnya, baju adat Jawa ini memiliki motif khas garis membujur yang menjadi lambang kesederhanaan masyarakat Jawa. Baju Surjan Lurik ini bisa dipadukan dengan jarik batik untuk bawahannya yang disesuaikan dengan warna bajunya.

    Meskipun terlihat simple dan sederhana, namun tetap bisa membuat penampilan anak tampak anggun saat mengenakannya.

    1. Baju Adat Minang

    Untuk anak perempuan, bisa pilih baju adat khas tanah Minang yang memiliki ciri khas dengan warna serba merah ini. Satu hal yang menjadi ciri paling umum saat mengenakan baju adat Minang adalah pada aksesoris di bagian kepala yang bernama Tingkuluak atau Tengkuluk.

    Aksesori satu ini bentuknya menyerupai kepala kerbau. Setiap wilayah di Sumatera Barat memang memiliki bentuk tanduk yang khas.
    Baju adat khas Minang satu ini bisa dikenakan anak pada hari-hari tertentu di sekolah sebagaimana aturan baru yang ditetapkan oleh Kemendikbud. Si kecil akan tampil anggun dalam balutan serba merah.

    1. Baju Adat Betawi

    Bagi masyarakat Jakarta, mengenakan baju adat Betawi bisa menjadi inspirasi untuk dipakai anak saat ke sekolah. Salah satu baju adat khas Betawi yang paling sering dipakai oleh perempuan adalah kebaya Encim.

    Meskipun terkesan simpel dan sederhana, namun baju adat satu ini bisa membuat penampilan perempuan yang mengenakannya terlihat anggun, begitu pun dengan anak-anak.

    Kebaya encim biasanya dipadukan dengan kain batik sebagai bawahan yang juga bisa digunakan oleh anak perempuan. Untuk pilihan warnanya, kebaya encim tersedia dalam berbagai pilihan warna sehingga bisa memilihnya sesuai dengan warna favorit anak.

    1. Baju Adat Bali

    Baju adat khas Bali memang cukup simpel dan bisa digunakan saat sekolah. Kebaya Bali biasanya memiliki ciri khas tersedia dalam warna yang sangat cerah, dimana warna tersebut menandakan keceriaan sekaligus keanggunan perempuan di Bali.

    Sama halnya seperti kebaya Encim, kebaya khas Bali juga biasanya dipadukan dengan kain batik yang beragam sebagai bawahannya. Namun, yang membedakan keduanya terletak pada korset atau selendang di bagian pinggang. Meskipun tampak sederhana, namun tetap membuat tampilan anak terlihat anggun.

    Itulah rekomendasi beberapa pilihan baju adat anak perempuan yang bisa digunakan untuk sekolah. Meskipun terlihat simpel, namun tetap membuat penampilan anak-anak terlihat menawan.

    Bagi bunda yang tinggal di Jawa, tentu akan memilih baju adat Jawa, kan ya? Pastikan Bunda membelinya di Blibli yang menawarkan banyak keuntungan seperti gratis ongkir, brand official store, dan produk sudah pasti original.

    (Yusuf Mugni)

    Berita Terbaru

    spot_img