spot_img
Kamis 20 Juni 2024
spot_img
More

    Buruan Daftar, Itenas Bandung Membuka 5 Jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sebagai kampus swasta di Kota Bandung yang sudah terakreditasi ‘Unggul’. Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung telah membuka penerimaan mahasiswa baru untuk tahun akademik 2024/2025.

    Tahun ini, Itenas membuka lima jalur seleksi yang bisa diikuti yakni, jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) yang terbagi ke dalam beberapa periode. Untuk saat ini, sedang dibuka periode ketiga yang pendaftarannya ditutup pada 25 April 2024. Di jalur ini, calon mahasiswa akan mendapat potongan Uang Kuliah Tetap (UKT) sampai 25 persen.

    Sistem seleksinya tidak jauh berbeda dengan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) yang ada di perguruan tinggi negeri yang menggunakan nilai rapor atau jalur prestasi.

    Baca Juga:Pertama di Indonesia, Itenas Bandung Berikan 5 Unit Kendaraan Roda Tiga Listrik dan Hybrid Kepada Kodim 0618/BS Kota Bandung

    Berikutnya, jalur Ujian Saringan Masuk (USM) dengan mekanisme ujian tulis yang diselenggarakan secara daring.Untuk saat ini, sedang dibuka periode 2 yang pendaftarannya akan berakhir pada 22 April 2024.

    Ketiga, One Day Test (ODT). Jalur ini sama seperti USM yang ujiannya tertulis, tetapi yang membedakan adalah waktu penyelenggaraan dan waktu keluarnya hasil ujian. Dalam jalur ODT, peserta bisa memilih hari ujian sesuai hari dan jam kerja, hasilnya pun keluar sehari setelah tes.

    Mulai tahun 2024, Itenas juga melaksanakan ODT roadshow di sejumlah sekolah pilihan yang dikunjungi tanpa dipungut biaya apapun.

    Keempat, Itenas membuka jalur skor Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Jalur ini akan dibuka setelah hasil SNBT 2024 keluar, dan para peserta cukup mendaftarkan diri ke Itenas menggunakan sertifikat skor SNBT tersebut. Namun, jangan khawatir, bagi peserta SNBT 2022 dan 2023 masih bisa mendaftar di tahun ini.

    Baca Juga:Job Fair 2023, Itenas Bandung: Targetkan Alumni Hingga Lulusan Perguruan Tinggi se-Bandung Raya

    Dan yang terbaru adalah jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Jalur ini terbuka bagi yang ingin melanjutkan kuliah dari jenjang D3 dan S1, pindahan perguruan tinggi lain, bahkan untuk karyawan yang sedang bekerja.

    Di Itenas, Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) diterapkan untuk 13 Program Sarjana (S1) dan 3 Program Magister (S2), dimana dapat mempersingkat masa studi dan memiliki waktu perkuliahan yang fleksibel. RPL adalah pengakuan satuan kredit semester (sks) dari pendidikan formal, non-formal, informal, dan atau pengalaman kerja.

    Itenas juga menyediakan beasiswa kepada mahasiswa maupun calon mahasiswa berpotensi, seperti Beasiswa Cahaya dari internal Itenas juga OSC Medcom dan KIP-K dari eksternal.

    Informasi selengkapnya mengenai beasiswa dan juga pertanyaan lainnya seputar Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Itenas dapat diakses di laman http://pmb.itenas.ac.id.

    (Yusuf Mugni)

    Berita Terbaru

    spot_img