spot_img
Rabu 21 Februari 2024
spot_img
More

    Keutamaan Surat Al-Waqiah: Membawa Berkah dan Kekayaan

    FOKUSJabar.id: Surat Al-Waqiah, salah satu surat dalam Al-Qur’an, tidak hanya memberikan pencerahan tentang kehidupan akhirat tetapi juga menghadirkan janji-janji keberkahan bagi mereka yang membacanya dengan penuh keikhlasan. 

    Surat ini terletak di juz ke-27 dan terdiri dari 96 ayat. Keutamaan Surat ini sangat besar, dan banyak hadits Nabi Muhammad ﷺ yang menegaskan manfaat besar dari membacanya.

    Melansir dari cendekiamuslim.or.id, berikut beberapa keutamaan Surat Al-Waqiah :

    1. Pintu Kekayaan dan Keberkahan

    Meskipun Surat Al-Waqiah membahas kehidupan akhirat, tidak dapat kita pungkiri bahwa keberkahan dunia juga tercakup dalam keutamaannya. 

    Rasulullah ﷺ mengabarkan bahwa Surat ini dapat membuka pintu-pintu rezeki dan kekayaan bagi pembacanya. 

    Dalam banyak riwayat, beliau menyebutkan bahwa membaca surat ini secara rutin dapat membawa keberkahan dalam aspek materi.

    2. Pelindung dari Kemiskinan

    Hadits yang diriwayatkan oleh Al-Hakim menyatakan bahwa barangsiapa membaca Al-Waqiah setiap malam, akan dilindungi dari kemiskinan selamanya. 

    Hal ini menegaskan bahwa dengan membaca Surat ini secara konsisten dapat menjadi perisai dari keadaan sulit ekonomi dan kekurangan rezeki.

    Baca Juga: Ustadz Adi Hidayat Ungkap 5 Amalan saat I’tikaf, Jarang Orang Tahu!

    3. Amalan yang Menghapus Kemarahan Allah

    Dalam sebuah hadits qudsi, Allah Subhanahu wa Ta’ala menjadikan Surat Al-Waqiah sebagai penambah rezeki bagi hamba-hamba-Nya yang memperhatikannya. 

    Membaca Surat ini tidak hanya membawa tambahan rezeki tetapi juga menghapuskan kemarahan Allah, menyebabkan berkah dalam kehidupan sehari-hari.

    4. Pahala Bagi yang Memahami dan Mengamalkannya

    Membaca Surat Al-Waqiah bukanlah sekadar membacanya secara mekanis, tetapi juga memahami makna dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

    Allah menjanjikan pahala besar bagi mereka yang memahami dan mengamalkan ajaran-ajaran Surat ini dengan penuh kesadaran.

    5. Penyelamat dari Api Neraka

    Rasulullah ﷺ menjelaskan bahwa Surat ini adalah penyelamat dari siksa kubur. Hal ini menegaskan peran penting surat ini dalam perlindungan dari siksa kubur dan api neraka. 

    Membaca Surat Al-Waqiah secara rutin dapat menjadi perlindungan bagi umat Islam dari azab yang mengerikan.

    6. Wajah Berseri-seri di Akhirat

    Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad menggambarkan bahwa membaca Surat Al-Waqiah setiap malam akan menyebabkan wajah berseri-seri di hari kiamat. 

    Ini menunjukkan bahwa kebahagiaan dan keceriaan di akhirat dapat diperoleh melalui membaca Al-Waqiah dengan khusyuk dan keikhlasan.

    Surat ini adalah surat yang penuh dengan keutamaan. Membacanya dengan penuh kekhusyukan, memahami maknanya, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari akan membawa berkah dan keberkahan dalam kehidupan dunia dan akhirat. 

    Oleh karena itu, sebagai umat Islam, penting untuk membiasakan diri membaca Surat Al-Waqiah secara rutin sebagai upaya mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dan meraih keberkahan hidup.

    (Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img