spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Pemula Wajib Tau 8 Tips CapCut Untuk Hasil Editing Terbaik

    FOKUSJabar.id: Dari sekian banyak aplikasi pengedit foto dan video yang tersedia, aplikasi CapCut merupakan salah satu aplikasi pengeditan video yang populer dan mudah digunakan terutama bagi para pemula yang baru terjun di dunia editing video aplikasi ini sangat relevan untuk digunakan, berikut ini beberapa tips yang dapat membantu pemula dalam menggunakan aplikasi CapCut. 

    1. Mempelajari Halaman Antarmuka 

    Setelah menginstal dan membuka CapCut, kita bisa meluangkan waktu untuk memahami halaman antarmuka pengguna aplikasi. 

    Hafalkan berbagai ikon, tombol, dan fitur yang tersedia di CapCut hal tersebut akan membantu kita merasa lebih nyaman saat melakukan editing menggunakan aplikasi tersebut. 

    2. Mulai Editing Dengan Import File. 

    Jika pemula hendak melakukan editing langkah pertama dalam adalah dengan melakukan mengimpor file yang ingin kita edit. 

    Aplikasi CapCut mendukung berbagai format file, jadi pastikan video dan audio yang kita inginkan sesuai dengan aplikasi ini. 

    Kita bisa melakukan impor file dari video dan foto yang tersedia di perangkat dan juga bisa melakukan impor secara langsung dengan cara memilih opsi ‘Ambil Gambar’ untuk melakukan perekaman langsung dari aplikasi.

    3. Coba Fitur Pemotong Video dan Pemotong Musik. 

    Sesuai dengan nama nya aplikasi CapCut menyediakan opsi untuk melakukan pemotongan yang mudah digunakan baik untuk memotong video maupun audio sesuai keinginan pengguna. 

    Kita bisa menggunakan alat ini untuk menghapus scane pada video yang tidak diinginkan atau bisa juga untuk memperpendek klip video. 

    Selain itu, kita juga bisa mengatur musik untuk menyesuaikannya dengan video atau foto yang kita impor. 

    Baca Juga: Film Fast X, Dunia Balap Liar Kembali Gempar, Anak Dominic Toretto Jadi Incaran

    4. Aplikasikan Fitrur Efek dan Filter Pada Video. 

    Beragam efek visual dan filter bisa kita gunakan saat melakukan editing di aplikasi CapCut tentu hal itu bisa meningkatkan tampilan pada video kita. 

    Kita juga bisa mengkombinasikan berbagai fitur pada video seperti filter, pengaburan, transisi, stiker, teks, dan banyak lagi.

    Kenali fitur-fitur tersebut dan gunakan dengan tepat sesuai dengan kebutuhan video untuk mendapatkan hasil yang terbaik. 

    5. Lakukan Pengaturan Warna

    Setelah kita mengetahui basic awal dalam menggunakan CapCut kita bisa melakukan pengaturan warna pada video ataupun foto yang kita impor. 

    Sperti yang kita ketahui bahwa warna merupakan elemen penting dalam melakukan pengeditan video. 

    Oleh karena itu, CapCut menyediakan beragam alat agar penggunanya bisa melakukan pengaturan pada kecerahan, kontras, suhu warna, dan tingkat kejenuhan. 

    Cobalah gunakan alat diatas untuk mengatur suhu warna pada video atau foto kita dengan begitu kita bisa mengatur warna yang sesuai dengan tema pada video. 

    6. Tambahkan Musik dan Suara Latar Belakang. 

    Selain mengatur kelayakan video, aplikasi CapCut juga memungkinkan penggunanya untuk menambahkan musik latar belakang, mengekstrak musik pada video dan suara tambahan yang bisa direkam langsung. 

    Kita bisa memilih musik melalui koleksi musik yang tersedia di aplikasi atau mengimpor audio dari perangkat. 

    Agar hasilnya maksimal pastikan juga musik atau suara yang kita pilih sesuai dengan suasana pada video dan tentunya pilih musik yang tidak melanggar hak cipta.

    Baca Juga: Film Transformers Rise of the Beasts, Planet Bumi Kembali Gonjang-ganjing

    7. Mengatur Transisi. 

    Tentunya jika video kita memiliki transisi yang halus dan video per scane nya lancar dapat memberikan pengalaman menonton yang lebih baik.

    Editing video menggunakan aplikasi CapCut sangat tepat karena di dalamnya menyediakan berbagai pilihan transisi yang dapat kita aplikasikan pada video. 

    Selain itu kita juga bisa mengatur durasi dari transisi maka dari itu pilihlah transisi yang sesuai dengan konten video dan sesuaikan durasinya dengan durasi video yang kita impor. 

    8. Gunakan Fitur Kontrol Kecepatan. 

    Aplikasi CapCut memungkinkan para penggunanya mengubah kecepatan pada video yang akan di edit. 

    Selain mempercepat kita juga bisa memperlambat klip video. Tentunya fitur itu sangat berguna untuk menciptakan efek dramatis, membuat video sinematik dan mengatur ritme video. 

    Gunakan fitur kontol kecepatan tersebut seusai dengan kebutuhan agar mendapatkan hasil editing video yang maksimal. 

    Nah, itulah tips menggunakan CapCut untuk pemula, tips yang disampaikan diatas merupakan tips basic untuk mengoperasikan aplikasi CapCut.

    (Fauza/Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img