spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Dubes Berharap Putin Bisa ke Indonesia Hadiri KTT ASEAN

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Duta Besar (Dubes) Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva, berharap Presiden Vladimir Putin bisa datang ke Indonesia untuk menghadiri KTT ASEAN yang bakal digelar September 2023 mendatang.

    “Saya berharap Presiden Putin dapat hadir dalam KTT ASEAN, September mendatang. Sekali lagi, ini harapan saya,” kata Vorobieva di Jakarta, Rabu (15/2/2023).

    Vorobieva menatakan, jika Putin benar-benar bisa datang ke Indonesia, tentu kunjungannya sangat berdampak baik bagi hubungan ASEAN dan Indonesia, sebagai ketua ASEAN tahun ini.

    BACA JUGA: AS Tembak Jatuh Pesawat UFO di Dekat Perbatasan Kanada  

    “Rusia mendukung kepemimpinan Indonesia di ASEAN tahun ini. Saya harap keketuaan Indonesia di ASEAN lancar, sesukses Presidensi G20 tahun lalu,” kata dia, melansir IDN.

    Namun, ia belum bisa memastikan sekarang apakah Putin benar-benar bisa datang ke Indonesia untuk menghadiri KTT ASEAN.

    “Kami tentu akan mempersiapkannya jika Presiden Putin benar datang,” katanya.

    Sebelumnya, Putin absen hadir di KTT ASEAN tahun lalu di Kamboja. Ia juga absen dalam pertemuan KTT G20 yang digelar Indonesia di Bali.

    Ketidakhadiran Putin sepanjang 2022 di sejumlah pertemuan internasional ini menimbulkan spekulasi. Namun Vorobieva menegaskan, Putin tidak bisa meninggalkan negaranya di tengah situasi perang dengan Ukraina.

    Usai sukses memegang presidensi G20 tahun lalu, tahun ini Indonesia mengetuai ASEAN. Keketuaan ini mulai dijalankan per 1 Januari 2023 hingga 31 Desember 2023 mendatang.

    Mengangkat tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth, Indonesia ingin menjadikan kawasan Asia Tenggara sebagai pusat pertumbuhan.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img