spot_img
Selasa 19 Maret 2024
spot_img
More

    Waspada! Penculikan Anak di Kota Bandung Kembali Marak

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) kota Bandung mengimbau orang tua untuk lebih ketat mengawasi serta membimbing anak. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi atas marak penculikan anak di kota Bandung.

    “Lebih kepada pengawasan orang tua, dan peningkatan bimbingan orang tua.  Memang fenomena yang muncul saat ini di beberapa daerah terjadi seperti itu,” kata Kepala Dinas DP3A Kota Bandung Uum Sumiati saat dihubungi, Senin (30/1/2023).

    Oleh karena itu, pihaknya meminta orang tua agar tidak membiarkan anak bepergian sendiri. Anak-anak pun diminta lebih berhati-hati serta untuk langsung pulang apabila selesai kegiatan sekolah.

    BACA JUGA: Warga Cimencrang Kota Bandug Protes Atas Kemacetan Jalan Menuju Al Jabbar

    “Anak jangan dibiarkan pergi sendiri. Anak juga lebih berhati-hati, kalau sudah beres sekolah apabila tidak ada keperluan lain ya langsung pulang,” ucapnya.

    Selain itu, orang tua juga harus membentengi anak-anak dengan bekal pengetahuan. Pasalnya, media sosial menjadi pemicu peristiwa penculikan anak di sejumlah daerah terjadi.

    “Di Kota Bandung sejauh ini tidak ditemukan kasus penculikan anak. Kota Bandung jangan ditemukan,” ungkapnya.

    Meski begitu, pihanya terus melakukan antisipasi dengan sosialisasi ke sekolah-sekolah dalam dua pekan terakhir. Termasuk terus sosialisasi tentang kekerasan terhadap anak dan perkawinan usia anak.

    “Lebih menginfokan fenomena saat ini yang harus anak-anak waspadai. Kita melibatkan forum komunikasi anak Bandung dan mitra kita di kelurahan dalam sosialisasi,” ujarnya.

    BACA JUGA: Unik, Buah Burahol Mirip Testis Gegerkan Warga Ciamis

    Uum menambahkan, pendidikan keluarga pun perlu ditingkatkan termasuk orang tua harus meningkatkan kemampuan literasi tentang bimbingan. Pengasuhan dan membimbing anak.

    Sebelumnya, isu penculikan anak di kota bandung di media sosial beredar di sejumlah daerah seperti Bogor maupun Depok. Aparat kepolisian memastikan bahwa isu atau informasi yang beredar dipastikan hoaks atau bohong.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img