spot_img
Selasa 19 Maret 2024
spot_img
More

    Unik, Buah Burahol Mirip Testis Gegerkan Warga Ciamis

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Buah berbentuk mirip buah zakar atau testis gegerkan warga Ciamis, buah pohon yang sudah langka tersebut dikenal bernama buah burahol oleh warga sekitar. 

    Pohon tersebut ditanam di kebun milik Ajat di Desa Bojongmengger Kecamatan Cijeungjing Ciamis, dia mengaku sengaja menanam pohon tersebut karena unik dan sudah langka.  

    “Dua belas tahun yang lalu saya diberi bibit pohon Burahol dari kakak yang menjadi dosen Unpad,” katanya. Senin (30/1/2022).

    BACA JUGA: Menilisik Cerita Leuwi Kanjut yang Berbatasan dengan Pasir Heunceut Di Ciamis

    Ajat menuturkan, setelah diberi bibit pohon Burahol tersebut langsung ditanam di kebun karena penasaran bahwa pohon Burahol itu memang sudah langka dan melihat buahnya yang cukup unik.

    “Saya pada awalnya tidak tahu bahwa buah Burahol bisa dikonsumsi tapi setelah dicoba rasanya sangat manis dan wangi serta enak dimakan,” ucapnya.

    Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis Selamet Budi melalui Kabid Hortikultura Tomi, mengatakan akan melakukan penelitian ke lapangan dimana Pohon tersebut berada.

    “Kami akan cek lapangan apakah buah itu bisa menjadi potensi buat daerah atau tidak karena harus mengetahui asal usul buah tersebut,” katanya. 

    (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img