spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Drainase Rusak, Parkiran PN Bale Bandung Tergenang Banjir Cileuncang

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Banjir cileuncang terjadi di sejumlah titik di jalan Jalan Jaksa Naranata, Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung, Senin (12/12/2022). 

    Bukan hanya ruas jalan di sekitar Baleendah saja banjir cileuncang ini juga menggenangi Pengadilan Negeri (PN) Bale Bandung juga ikut terendam yang diduga akibat buruknya drainase di wilayah tersebut.  

    Meski hujan yang mengguyur tidak terlalu lama, namun dalam sekejap banjir menggenangi sejumlah ruas jalan.

    BACA JUGA: ART di Jaksel Disiksa Berbulan-bulan dan Dipaksa Makan Kotoran Anjing

    Akibatnya, sejumlah pengguna jalan khususnya pengendara motor, tampak kesulitan saat menerobos genangan banjir tersebut.

    Banjir cileuncang yang terjadi pun dikeluhkan sejumlah pengendara motor. Sebab, Jalan Jaksa Naranata ini menjadi salah satu akses jalan menuju RSUD Al Ihsan.

    Dari pantauan di lapangan, di Jalan Jaksa Naranata ini, banjir cileuncang menggenang dengan ketinggian sekitar 30 sentimeter. Bahkan, genangan pun menyergap masuk ke halaman Pengadilan Negeri Bale Bandung.

    Selain itu, banjir cileuncang juga terlihat menggenang di Jalan Kiastramanggala dan Anggadireja, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung.

    Seorang pengguna jalan, Rohimat (37) mengatakan, di beberapa ruas jalan di area tersebut kerap terjadi banjir cileuncang setiap hujan cukup deras.

    “Meski hujan tidak berlangsung lama, tapi hujan cukup deras. Sehabis itu pasti ada banjir cileuncang, sejumlah ruas jalan pasti terendam. Jalan selalu seperti sungai,” ujar Rohimat.

    Menurutnya, kondisi tersebut karena drainase jalan yang buruk. Banyak saluran air yang meluap baik karena tertutup sampah atau ukurannya terlalu kecil.

    “Saluran airnya banyak sampah. Ukurannya juga kecil jadi tidak kuat menampung air ketika hujan besar,” katanya.

    Banjir Cileuncang Menggenangi PN Bale Bandung

    Selain menggenangi sejumlah ruas jalan, banjir juga menggenang area parkir (PN) Bale Bandung. Petugas bahkan harus memasang pompa air untuk menguras air yang menggenangi di area parkir PN Bale Bandung.

    BACA JUGA: Bursa Calon Wali Kota Bandung, Elektabilitas Yana Mulyana Tertinggi

    Rohimat pun mengharapkan pemerintah untuk memperbaiki saluran drainase yang kerap meluap jika terjadi hujan. Selain itu juga, pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarang, apalagi membuang sampah ke saluran drainase karena akan menimbulkan banjir.

    “Seharusnya ada perawatan drainase dari pemerintah daerah. Agar saluran drainase juga tidak tersumbat sampah. Masyarakat juga jangan buang sampah ke saluran air karena akan menimbulkan banjir cileuncang kalau tersumbat sampah,” ucap dia.

    Berita Terbaru

    spot_img