spot_img
Sabtu 11 Mei 2024
spot_img
More

    Bursa Calon Wali Kota Bandung, Elektabilitas Yana Mulyana Tertinggi

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Indonesian Politics Research & Consulting (IPRC) merilis hasil survei terkait ‘pertarungan calon wali Kota Bandung 2024’ di Gedung Gelanggang Muda (GGM) Jalan Merdeka Kota Bandung Jabar Senin (12/12/2022).

    Manager Riset IPRC Indra Purnama mengatakan, riset dilakukan terhitung 20 hingga 28 November 2022. Sebanyak 800 responden diberikan pertanyaan terkait para calon yang ikut dalam pemilihan wali kota.

    Survei dilakukan secara acak di 30 kecamatan dengan mayoritas pemilih adalah laki-laki sebanyak 54,9 persen. Pemilih lainnya adalah ema-ema yang mayoritas berprofesi sebagai ibu rumah tangga 34 persen.

    BACA JUGA: Calon Wakil Wali Kota Bandung Sudah Muncul, Yana: Belum Ada Komunikasi Resmi

    Menurut Indra Purnama menyebut, hasil survei, mengalami peningkatan persentase bagi para calon. Ada sebanyak 72 persen masyarakat di Kota Bandung telah mengetahui terkait pemilihan umum di 2024.

    “Dalam simulasi terbuka, elektabilitas Yana Mulyana masih menjadi yang tertinggi di angka 28,5 persen. Lalu Atalia Praratya di 25 persen. Nurul Arifin 3,8 persen, dan M Farhan 3,5 persen,” kata Indra Purnama.

    Dalam simulasi tertutup pun, Indra menyebut bahwa Yana Mulyana masing unggul dibanding sejumlah calon lainnya dengan persentase 30,8 persen. Atalia Praratya di 29,8 persen, dan Budi Dalton di 2,6 persen.

    “Dikerucutkan menjadi tiga nama yang tertinggi tetap Yana Mulyana 37,4 persen, Atalia Praratya 35 persen dan M Farhan 7,9 persen. Dan ada 19,8 persen warga memilih tidak menjawab,” ucapnya.

    Terkait tingkat popularitas, nama artis ibukota Rafi Ahmad masih menjadi yang tertinggi dengan angka 94,4 persen. Tertinggi kedua adalah Atalia Praratya 87,6 persen dan Yana Mulyana 86,4 persen.

    Namun demikian, elektabilitas dan popularitas Yana Mulyana berbanding terbalik dengan elektabilitas partainya Gerindra. Perolehan Gerindra ada di urutan keempat dengan sembilan persen di bawah PKS.

    BACA JUGA: Pertamina Depo Tasikmalaya Pastikan Pasokan BBM Jelang Nataru 2023 Aman

    “Yana Mulyana unggul di basis-basis pemilih partai. Yana Mulyana hanya tidak berada di basis PDIP, Demokrat, NasDem, dan PAN yang justru suaranya ke Atalia. Tapi Farhan justru banyak suara pemilih di Hanura,” ujarnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img