spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Pemkot Bandung Minta Pemerintah Pusat Tambah Kouta Vaksinasi PMK

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, bahwa Kota Bandung masih kekurangan dosis vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) bagi hewan ternak.

    Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung pun, kata dia, tengah berupaya kembali meminta tambahan kuota vaksin kepada pemerintah pusat agar penyebaran vaksinasi lebih merata.

    “Berbicara jumlah kebutuhan, kita masih kurang dan kita sedang upayakan. Karena dengan dosis lebih banyak, jangkauan memberikan vaksinnya lebih luas,” kata Ema di kawasan Kecamatan Cicendo, Kota Bandung Jabar Rabu (29/6/2022).

    BACA JUGA: Tangani Wabah PMK, Kota Bandung Anggarkan Rp900 Juta

    Ema mengungkapkan, bahwa Kota Bandung baru mendapat 200 dosis vaksin dan masih jauh dari kebutuhan sebenarnya. Vaksin saat ini diprioritaskan kepada wilayah terpapar PMK.

    Vaksin PMK
    Hewan ternak yang sudah mendapatkan Vaksin PMK.

    “Saat ini baru kebagian 200 dosis vaksin dari pusat. Tentu kalau bicara kebutuhan, tentunya ini masih jauh dari kebutuhan ideal. Karena di Kota Bandung itu ribuan sapi dan ribuan domba,” ungkapnya.

    Ema menyebut, Pemkot Bandung pun sudah memiliki aplikasi e-selamat yang berisi identitas dan foto hewan ternak. Sehingga tidak dapat dipindahkan ke hewan ternak lainnya.

    “Kalau sudah begitu, kita memberi keyakinan kalau sudah berlabel seperti itu, hewan tersebut layak untuk bisa dibeli, dikonsumsi, untuk waktu dekat itu bisa kurban,” ujarnya.

    Ema menambahkan hasil pemantauan hewan ternak di Kecamatan Cicendo relatif dalam kategori baik dan sehat. Hewan ternak yang ada terdiri dari sapi perah, sapi limosin dan lainnya.

    BACA JUGA: Cegah PMK, Ciamis Targetkan Vaksin 380 Hewan Ternak per Hari

    Pihaknya berharap peternak terbuka terkait kondisi kesehatan hewan ternak dan menerapkan pola hidup sehat di lingkungan peternakan. Selain itu petugas melakukan penyemprotan desinfektan.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img