spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Cegah PMK, Ciamis Targetkan Vaksin 380 Hewan Ternak per Hari

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Ratusan hewan ternak di Kabupaten Ciamis menjalani proses vaksinasi sebagai antisipasi terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK). Proses vaksinasi dilakukan langsung Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (27/6/2022).

    Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis, Tatang mengatakan, vaksinasi dilakukan secara serentak di wilayahnya. Kabupaten Ciamis sendiri mendapatkan 800 dosis vaksin untuk hewan ternak sapi dari Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat.

    “Proses vaksinasi merupakan upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran PMK. Kita mendapat 800 dosis yang di sebar di wilayah Ciamis,” kata Tatang.

    Dia menerangkan, proses vaksinasi dilakukan secara marathon dan pihaknya telah menyebar 40 personel ke lapangan. Diantaranya 5 orang dokter hewan, 14 orang tenaga medis, 9 orang koordinator daerah dan 12 tenaga pelapor.

    “Kita sebar ke setiap kecamatan karena kita menargetkan dapat melakukan vaksin sebanyak 380 ekor hewan ternak per hari,” Tatang menjelaskan.

    BACA JUGA: Berniat Selamatkan Akper Kebonjati, Kakek Johanes Justru Terancan Pidana Penjara

    Selain itu, dia mengatakan, selama ini pihaknya telah mendapatkan laporan sebanyak 11 hewan ternak yang terjangkit PMK.

    “Namun saat ini semuanya telah dinyatakan negatif kembali,” kata dia.

    (Budiana Martin/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img