spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Ups! Kebun Bintang Bandung Nunggak Rp12 Milyar

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung Jawa Barat (Jabar) meralat nilai tunggakan sewa Kebun Binatang Bandung. Totalnya mencapai Rp. 12 milyar.

    “Ada kesalahan. Setelah kami hitung ulang, ternyata nilai tunggakannya Rp12 milyar bukan Rp1,2 milyar,” kata Kepala Bidang Investarisasi Barang Milik Daerah (BMD), Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Bandung, Siena Halim, Kamis (9/6/2022).

    Siena menunjukan surat tagihan yang akan dilayangkan Pemkot ke pihak Kebun Binatang atau Bandung Zoo. Tunggakan Rp12 milyar itu belum dihitung dengan utang tahun ini yang mencapai Rp1,434 milyar.

    BACA JUGA: Diskominfo Jabar Gelar Supervisi Satu Data

    “Sampai 2021, itu totalnya Rp12 milyar. Kalau ditambah dengan tahun ini, berarti totalnya Rp 13,5 milyar,” ucapnya.

    Siena mengaku, akan segera melayangkan surat tagihan ke pihak yayasan Bandung Zoo. Pemkot tetap menegaskan, jika yayasan ogah membayar, maka sanksi penyegelan aset akan dilakukan.

    BACA JUGA: 27 Perwakilan Diskominfo se-Jabar Bimtek Keamanan Informasi

    “Ini nanti kita sampaikan suratnya. Kalau misalnya enggak mau bayar, kita akan segel karena lahannya merupakan aset Pemkot,” ujarnya.

    Sebelumnya FOKUSJabar mengabarkan, Kebun Binatang Bandung terancam ditutup Pemkot karena nunggak Rp1,2 milyar.

    Tunggakan tersebut merupakan hasil akumulatif uang sewa selama 15 tahun.

    Kepala Bidang Invertarisasi Barang Milik Daerah BPKAD Kota Bandung, Siena Halim mengatakan, Kebun Binatang Bandung telah menunggak sewa sejak 2007 silam.

    “Dahulunya disewa pihak yayasan. Tapi sekarang pihak yayasan semacam bekerjasama dengan pihak lain. Malah pihak tersebut mau mengklaim tanah Pemda dengan tidak melakukan pembayaran sewa,” kata Siena.  

    Menurut Dia, pihaknya telah memberikan surat peringatan pertama hingga ketiga kepada pihak pengelola. Namun sampai saat ini, belum ada respon dari pihak pengelola.

    “Teguran dan tagihan sudah dilakukan ke pihak pengelola Kebun Binatang Bandung. Pilihannya mereka bayar atau disegel. Tahun ini harus diselesaikan, mungkin di semester depan. Tempat wisata ini masuk dalam daftar penertiban aset milik Pemkot Bandung, seperti aset lainnya yang bermasalah,” Siena menerangkan.

    (Yusuf Mugni/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img