spot_img
Kamis 22 Februari 2024
spot_img
More

    7 Tradisi Unik yang Hanya Ada Saat Ramadan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kedatangan bulan suci Ramadhan sangat didambakan umat muslim di seluruh dunia. Salah satu yang ditunggu adalah Berbagai tradisi unik saat Ramadan yang tidak dijumpai di bulan lainnya.

    Negara di dunia memiliki tradisi berbeda pada bulan Ramadan. Termasuk indonesia yang memiliki berbagai kegiatan unik pada bulan suci umat Islam ini, salah satunya adalah Ngabuburit.

    Berikut 7 Kegiatan Unik Bulan Ramadan di Indonesia:

    Buka Bersama (Bukber)

    Ilustrasi. (web)

    Buka bersama atau Bukber merupakan
    kegiatan yang terbilang wajib ada di setiap Ramadan. Kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi bersama anggota keluarga, teman, mau pun kolega.

    BACA JUGA: 5 Menu Takjil Tanpa Digoreng, Bisa Buat Jualan!

    Lokasi Bukber biasanya diadakan di restoran, cafe atau pun di rumah.

    Pawai Obor

    tradisi
    Ilustrasi. (web)

    Pawai obor sampai saat ini masih dilakukan umat muslim Tanah Air di berbagai daerah.

    Tradisi yang biasanya dimulai setelah salat Isya ini, diikuti oleh berbagai usia mulai dari anak hingga orang dewasa.

    Peserta Pawai Obor akan berjalan kaki mengelilingi
    kampung sambil membawa obor yang terbuat dari bambu, sambil melantunkan shalawat yang diiringi dentuman alat musik tabuh.

    Membangunkan Sahur

    Ilustrasi. (web)

    kegiatan membangunkan sahur ini mungkin bakal ada di seluruh daerah di tanah air.

    Tradisi unik ini biasanya dilakukan oleh anak-anak dan remaja. Mereka rela berkeliling membangunkan warga agar tidak melewatkan sahur.

    Saat ini, kegiatan membangunkan sahur sangat bervariasi dan kreatif di tiap daerah. Mulai dari teriakan lantang “Sahur!” dengan berbagai tambahan lirik kreatif diiringi bunyi peralatan seadanya seperti pentungan, alat rumah tangga hingga menggunakan alat musik mainstream seperti gitar, perkusi bahkan ada yang menggunakan sound dengan berbagai pilihan musik.

    Ngabuburit

    tradisi unik
    Ilustrasi. (web)

    Ngabuburit merupakan tradisi mengisi waktu dengan berbagai kegiatan saat berpuasa.

    Kegiatan ini dilakukan pada sore hari menjelang berbuka puasa. Ngabuburit biasanya diisi dengan kegiatan seperti tadarus alquran, jalan-jalan, berburu takjil, nongkrong di pusat keramaian seperti taman, berolahraga ringan, melakukan permainan dan banyak lainnya.

    Bagi-bagi Takjil

    Ilustrasi. (web)

    Melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi sesama tentunya menjadi keutamaan di bulan Ramadan. Salah satunya, bisa melalui kegiatan berbagi takjil.

    Dari Zaid bin Khalid Al-Juhani radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

    “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192, Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

    Takbiran

    Ilustrasi. (web)

    Takbiran dilakukan ketika umat muslim selesai melaksanakan puasa selama 30 hari di bulan ramadan. Takbiran bakal berkumandang pada malam sebelum hari raya Idul Fitri.

    Tradisi ini dilakukan oleh kaum lelaki mulai dari anak-anak hingga orang tua dengan berkumpul di masjid dan bersama-sama mengucap kalimat takbir.

    Mudik

    Ilustrasi. (web)

    tradisi mudik muncul di Indonesia sekitar tahun 1970-1980-an, saat beberapa kota di Indonesia tumbuh menjadi kota besar. Kota-kota besar ini umumnya dibangun oleh para pendatang yang bermigrasi dari desa ke kota.

    Kegiatan mudik ini biasanya terjadi menjelang hari raya Idul Fitri. Mudik sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia yang merantau di kota besar kemudian pulang ke kampung halamannya saat Hari Raya idul fitri.

    (Diana Yusuf/Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img