spot_img
Minggu 14 April 2024
spot_img
More

    5 Menu Takjil Tanpa Digoreng, Bisa Buat Jualan!

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Menjelang Bulan puasa Berbagai persiapan, termasuk menu takjil untuk berbuka. Namun, dengan mahalnya harga minyak goreng pilihan menu takjil pun tentunya harus disesuaikan.

    Kabar baiknya, ternyata masih banyak menu takjil nikmat yang tidak perlu digoreng, terjangkau dan cocok untuk disantap saat berbuka.

    Berikut 5 mnu takjil yang tak perlu digoreng:

    1. Kebab mini

    menu takjil
    Kebab mini. (web)

    Untuk membuat kebab mini , modal yang dikeluarkanpun tidak banyak. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain kulit kebab, isian berupa lettuce, timun, makaroni, mayonaise, saus sambal, tambahkan keju jika suka, dan daging kebab.

    Daging kebab bisa juga diganti dengan sosis, atau daging jenis lain yang dibumbui rempah-rempah. Isian kebab disusun sedemikian rupa dan digulung.

    BACA JUGA: 5 Cara Simpan Minyak Goreng Agar Awet

    Lalu kebab cukup dipanggang di atas teflon yang sudah dilapisi margarin hingga agak kecoklatan. Jika menginginkan porsi satu gigitan, kamu bisa menggunakan setengah kulit kebab ukuran medium.

    2. Martabak manis mini

    menu takjil
    Martabak manis mini. (web)

    Jika anda mempunyai wajan cetakan berukuran bulat kecil, martabak manis mini bisa menjadi pilihan. Martabak manis mini cocok dijadikan takjil karena porsinya yang kecil.

    Untuk membuatnya persiapkan bahan-bahannya. Antara lain, tepung terigu, tapioka, gula pasir, telur, margarin, susu kental mani, soda kue, baking powder, vanili dan air.

    Jangan lupa juga untuk menyiapkan toppingnya seperti selai, mieses, gula, dan sebagainya.

    Caranya, kocok telur dengan gula hingga larut. Selanjutnya masukkan tepung terigu, tapioka, baking powder, soda kue dan vanili. Lalu masukkan air, dan campur secara merata. Masukkan susu kental manis dan margarin yang sudah dicairkan.

    Aduk lagi hingga semua bahan tercampur rata, dan diamkan selama 1 jam. Lalu masak adonan dengan pan cetakan bulat hingga matang. Selanjutnya tambahkan toping sesuai selera.

    3. Brownies potong

    Brownies potong. (web)

    Kue brownies yang manis pastinya juga sangat pas untuk menu takjil. Kue ini mudah dibuat baik dengan cara dikukus ataupun dipanggang.

    Bahan yang digunakan yaitu tepung terigu, telur, gula, coklat bubuk, margarin, susu kental manis, emulsifer, dark chocolate, vanili dan susu kental manis.

    Caranya, pertama adalah mencairkan dark chocolate. Mikser telur, dengan emulsifer dan vanili hingga putih, lalu tambahkan dan campurkan bahan padat tepung dan coklat bubuk. Sembari diaduk kemudian tuangkan margarin cair dan cokelat cair.

    Terakhir, adonan dituang ke dalam loyang dan siap untuk dikukus atau dipanggang. Setelah matang dan dingin, brownies siap dipotong sesuai selera.

    4. Toast dengan aneka isian

    Toast dengan aneka isian. (web)

    Toast alias roti panggang sangat mudah dibikin. Mau dibuat versi manis maupun gurih, semua bisa. Untuk toast versi gurih ala kekinian kamu bisa membuat toast dengan ragam isian seperti telur dan sayuran, keju sliced, smoked beef , sosis atau yang lainnya. Panggang dengan lapisan margarin. Dan selanjutnya tinggal tambahkan mayonaise dan saus.

    Untuk toast manis, varian rasa yang bisa kamu kreasikan pun sangat beral.

    Kamu bisa memilih berbagai toping dengan rasa favoritmu atau yang sekiranya disukai banyak orang. Entah itu cokelat, strawberri, pisang, apapun bisa kamu kreasikan. Untuk porsi toast dengan porsi camilan ringan, kamu bisa membelahnya menjadi dua bagian.

    4. Tahu Bakso

    Kudapan yang satu ini mempunyai banyak penggemar. Perpaduan bakso dan tahu memang sulit untuk ditolak.

    Takjil dengan kudapan ini pasti akan terasa istimewa. Untuk membuatnya siapkan bahan-bahan berupa tahu pong yang sudah matang, ayam filet, tepung tapioka, telur, penyedap, saus tiram, garam, merica, bawang merah dan bawang putih, baking powder, serta air es.

    Cara membuatnya, pertama potong tahu pong. Kemudian buat isian dari berbagai bahan lainnya dengan menggunakan food processor. Selanjutnya masukkan isian ke dalam tahu yang sudah dipotong. Terakhir, kukus tahu bakso hingga matang.

    5. Dimsum

    Dimsum. (web)

    Dimsum cocok untuk disantap kapanpun, termasuk saat berbuka. Cara membuatnya pun mudah.

    Bahan yang dibutuhkan antara lain kulit dimsum, ayam filet, udang kupas, kulit ayam, wortel parut, tepung sagu dan berbagai bumbu seperti bawang, minyak wijen, garam, saus tiram, gula, merica, dan penyedap.

    Jangan lupa untuk juga menyiapkan saus sebagai cocolannya, agar rasa dimsum semakin enak.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img