spot_img
Selasa 18 Juni 2024
spot_img
More

    5 Cara Simpan Minyak Goreng Agar Awet

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Minyak goreng belakangan menjadi langka dan harganya pun melambung, Keadaan tersebut membuat para ibu rumah tangga Kebingungan

    Sebagai ibu rumah tangga tentunya harus mencari cara agar minyak yang sedang langka ini dapat disimpan tetapi tidak cepat tengik.

    Penyebab minyak goreng menjadi tengik adalah ketika lemak jenuh dan tidak jenuh ini berkontaminasi oleh lima hal yaitu, panas, cahaya, air, udara, dan mikro tertentu.

    Berikut 5 cara menyimpan minyak goreng agar tidak cepat tengik!

    1. Simpan dalam botol kaca

    minyak goreng
    Ilustrasi. (web)

    Kebanyakam minyak goreng dijual dalam kemasan plastik, karena praktis dan menjaga agar tidak mudah tumpah.

    BACA JUGA: 10 Kebiasan ini Bikin Kamu Susah Kaya

    Namun, agar minyak yang dibeli tidak cepat tengik pindahkan ke botol kaca. Karena mutu dari minyak goreng dalam plastik akan cepat menurun dibanding di dalam botol kaca.

    Bahan pada kemasan plastik cepat memuai dan larut ke dalam minyak. Sehingga nilai peroksida pada minyak tinggi jadi minyak cepat tengik.

    2. Jangan taruh dekat kompor

    minyak goreng
    Ilustrasi. (web)

    Kebiasaan para ibu rumah tangga menaruh kemasan minyak dekat kompor mungkin supaya lebih mudah menuang ke wajan.

    Dilansir Readersdigest, kebiasaan ini malah membuat minyak cepat tengik. Karena akibat panas dari kompor membuat minyak mudah menguap dan menurun kualitasnya. Lebih baik taruh saja di rak atau lemari dapur yang tertutup.

    3. Hindari terkena sinar matahari langsung

    minyak goreng
    Ilustrasi. (web)

    Usahakan jangan menaruh minyak goreng terkena langsung sinar matahari. Karena suhu panas dapat meluruhkan antioksidan pada minyak sehingga mempercepat menjadi tengik.

    Melansir IDN, Apalagi jika minyak masih ditempatkan pada kemasan plastiknya, minyak akan cepat memuai. Sehingga kandungan dalam minyak juga memuai.

    4. Tutup rapat taruh di tempat yang sejuk

    Salah satu cara lain agar minyak goreng tidak cepat tengik adalah menyimpan di tempat yang kedap udara.

    Dilansir Livestrong, jika menyimpan minyak goreng pada wadah yang tidak tertutup rapat maka oksigen yang ada di sekitar akan memecahkan kandungan mineral dalam minyak sehingga cepat tengik.

    Pastikan menutup dengan rapat wadah minyak. Karena udara yang ada pada kemasan dapat menyebabkan oksidasi sehingga membuat cepat merubah menjadi tengik.

    5. Simpan di kulkas

    Ada beberapa minyak dapat disimpan dalam kulkas. Dan ada juga yang tidak. Dilansir Clean Eating, minyak goreng dengan lemak tak jenuh ganda (PUFA) dapat disimpan dalam kulkas, karena minyak sangat rentang terhadap oksidasi.

    Minyak goreng tersebut adalah minyak zaitun, minyak ikan, minyak wijen, dan minyak kenari.

    Sedangkan minyak yang tidak boleh masuk kulkas adalah, minyak kacang, minyak avocado, minyak kelapa.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img