spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Bisa Berfungsi Sebagai Genset Saat Lampu Mati

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kini perkembangan teknologi otomotif terus menerus dilakukan, karena untuk memenuhi kebutuhan para konsumennya. Salah satunya dari Hyundai, yang baru-baru ini sudah meluncurkan Ioniq 5, mobil listrik yang pertama dibuat di Indonesia. Yang pabriknya berlokasi di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

    Hyundai Ioniq  ini telah resmi diluncurkan PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022.

    PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) menyebutkan bahwa mereka tidak akan hanya memenuhi permintaan untuk dalam negeri saja.

    Namun mobil ini juga akan diekspor ke luar negri. Mobil listrik ini memiliki sejumlah fitur yang canggih, salah satunya ada V2L atau Vehicle-to-Load yaitu fitur yang menjadi sumber listrik pendukung mobilitas penggunanya yang bisa menyuplai kebutuhan listrik saat kegiatan dimanapun dan kapanpun. Seperti dalam kegiatan outdoor atau saat aliran listrik rumah padam.

    BACA JUGA: Mobil Listrik Hyundai 45 Diperkenal, Ini Keunggulannya

    Fitur V2L ini memiliki pasokan arus listrik tipe AC sebesar 3,6 kW yang melebihi standar daya listrik domestik untuk satu rumah tangga. Arus listrik tersebut diperoleh dari dua sumber yakni port di bagian luar dan dalam yang bisa dipakai keduanya,.

    Port luar dapat digunakan saat mobil berhenti atau mesinnya mati. Sedangkan port dalam yang terletak di bawah kursi mobil bisa digunakan saat mobil sedang berjalan.

    Fitur V2L juga dapat diaplikasikan untuk mengisi daya skuter listrik, sepeda listrik, treadmill, hingga, peralatan berkemah. Kemudian fitur ini bisa juga untuk mobil listrik lain yang kehabisan baterai dengan menggunakan Handheld Portable Charger.

    BACA JUGA: Gandeng Polri, Ajaib Berikan Ribuan Paket Sembako dan Vaksin Booster Warga Kuningan

    Adapun penggunaan fitur V2L dari port bagian dalam yaitu dengan cara membuka penutup port kemudian sambungkan perangkat elektronik yang ingin digunakan. Status sistem fitur V2L nya ini bisa dilihat melalui indikator lampu yang menyala pada port.

    Sedangkan untuk cara menggunakan fitur V2L bagian luar-nya sebagai

    berikut:

    1.  Sambungkan dulu perangkat konektor V2L pada port.
    2.  Tetapkan batas penarikan daya listrik baterai yang pengaturannya ada pada head unit.
    1.  Buka penutup perangkat konektor V2L, lalu sambungkan perangkat elektronik yang diinginkan, kemudian tutup kembali.
    1.  Untuk menghentikan penggunaan V2L, tekan tombol on/off pada

    perangkat konektor, tekan tombol pengunci dan pembuka kunci

    pintu mobil pada smart key sehingga konektor bisa dilepaskan dari

    port-nya.

    (Diana Yusuf/ Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img