spot_img
Rabu 24 Juli 2024
spot_img
More

    Mebel Karya Warga Binaan Lapas Kuningan go Internasional

    KUNINGAN,FOKUSJabar.id: Puluhan warga binaan Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Kelas IIA Kuningan diberi pelatihan merakit dan menganyam perabotan mebel berbahan rotan sintetis. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan keterampilan kerja warga binaan agar siap kerja.

    Demikian disampaikan Kepala Lapas IIA Kuningan Gumilar Budi Rahayu, Kamis (24/3/2022). Pihaknya menggandeng perusahaan produksi perabotan berbahan dasar rotan sintetis dari Cirebon untuk memberdayakan dan meningkatkan keterampilan 28 warga binaan.

    “Perabot rumah tangga yang dibuat di antaranya kursi, meja, tempat tidur, kursi pantai dan yang lainnya,” kata Gumilar.

    BACA JUGA: Cerita Lapas Kota Banjar Ditulis dalam Buku

    Selama sepekan warga binaan mendapat pelatihan merakit dan menganyam rotan perabotan. Produk yang dihasilkan para warga binaan ini akan diambil pihak perusahaan seminggu sekali.

    “Dan mereka mendapatkan upah dari hasil kerjanya itu. Upah itu disisihkan untuk tabungan, bahkan bisa mengirim ke orangtua mereka,” kata dia.

    Untuk diketahui, produk hasil karya warga binaan ini kualitasnya ekspor, bahkan sudah sampai ke beberapa negara di Eropa.

    Dia berharap keahlian mereka bisa menjadi bekal untuk bekerja setelah keluar dari Lapas. Bahkan bisa saja mereka bekerja di perusahaan yang saat ini bekerjasama dengan Lapas.

    Salah seorang warga binaan mengaku senang dengan kegiatan tersebut, terlebih mereka akan memiliki keahlian dan berpenghasilan.

    “Semoga nanti bisa jadi modal kami untuk hidup lebih baik lagi di masyarakat,” kata dia.

    (Andin/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img