spot_img
Minggu 21 April 2024
spot_img
More

    Ajaran Islam, 3 Hal Ini Harus Jadi Rahasia

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dalam ajaran Islam ada beberapa hal yang sebaiknya menjadi rahasia. Apa saja mari kita simak dengan baik-baik.

    Sebagai makhluk sosial, manusia tak akan lepas dari interaksi dengan sesamanya. Namun sayangnya, interaksi tersebut tidak saja dilakukan demi kebaikan saja.

    Adapula interaksi yang menimbulkan keburukan. Seperti interaksi yang malah menyalakan api kesombongan diri.

    Padahal, sebagai umat Islam yang beriman, kita memiliki Nabi Muhammad SAW sebagai tauladan yang telah mengajarkan kita tentang semua aspek kehidupan.

    Oleh karena itu, kita harus mengerti apa saja hal yang harus kita simpan untuk diri sendiri. Seperti yang telah diajarkan oleh Nabi kita.

    Tiga hal yang sebaiknya jadi rahasia dalam Islam:

    1. Rahasiakan ibadahmu untuk dirimu sendiri

    Dalam ajaran islam menyembunyikan ibadah kita merupakan suatu hal yang sangat wajib. Karena ketahuilah Allah itu maha melihat tanpa harus kita umbar ke media sosial ataupun berserita kepada orang-orang.

    BACA JUGA: Kapolda Jabar Tinjau Gebyar Vaksin Di Islamic Center Tasikmalaya

    “Jangan karena ingin terlihat eksis nan sholeh pahala kita nyaris terkuras habis. Jangan karena ingin pamer, pahala kita malah kembali jadi kosong”.

    Sufyan bin ‘Uyainah mengatakan bahwa Abu Hazim berkata, “Sembunyikanlah amal ibadahmu sebagaimana engkau menyembunyikan aibmu.” Ikhlas dalam beribadah dan merasa bahwa cukup Allah yang tahu ibadahmu itu lebih utama. Seperti yang dikatakan Imam Syafi’i bahwa segala sesuatu yang ditampakkan di hadapan manusia akan sedikit sekali manfaatnya di akhirat nanti.

    2. Sembunyikan sedekahmu

    Sedekah Merupakan Sunnah Nabi yang sering beliau lakukan semasa hidupnya. Bersedekah mampu melancarkan rezekimu dan mampu menyelamatkanmu dari bahaya, dan sebaiknya ketika bersedekah kita lakukan secara diam-diam. Sedekah diam-diam bernilai sangat baik dan berpahala dan juga menghindari riya.

    Seperti yang dikatakan Basyr Al Hafiy bahwa “Tidak selayaknya orang-orang semisal kita menampakkan amalan sholih walaupun hanya sebesar dzarroh (semut kecil). Bagaimana lagi dengan amalan yang mudah terserang penyakit riya’?”

    Dalam hadist pun jelas disebutkan bahwa salah satu diantara tujuh golongan orang yang akan mendapat naungan Allah pada hari kiamat adalah seseorang yang bersedekah dengan sebuah sedekah, kemudian ia menyembunyikannya, hingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya. (Muttafaq ‘alaih) (CTH)

    3. Simpan aibmu dan aib saudaramu

    Setiap manusia memiliki aibnya masing-masing, karena tidak ada manusia di dunia yang luput dari kesalahan dan kekhilafan. Namun jangan sampai kita menceritakan aibmu dan aib sodaramu kepada orang lain. Islam telah memberi tuntunan bagi manusia untuk senantiasa menjaga aibnya dan jangan sampai menjadi konsumsi publik.

    BACA JUGA: MI Al-Marjuq Ciamis Bangun Ruang Kelas Untuk Tingkatkan Syiar Islam

    Keutamaan menjaga aib orang lain adalah Allah akan selalu menjaga aib kita dari orang lain. Terlebih, tak menutup kemungkinan bahwa ketika orang lain mengetahui aibnya maka seiring berjalannya waktu aib tersebut akan terlupakan. Sebaliknya, jika kita malah membuka aib orang lain, cepat atau lambat justru aib kita akan terbongkar.

    (Nendy/Berbagai Sumber)

    Berita Terbaru

    spot_img