spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Deteksi Lansia Jatuh, Abdimas Telkom University Kembangkan E-Care

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Tim Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas) Fakultas Teknik Elektro (FTE) Telkom University mengembangkan sebuah alat e-Care Lansia yang dilengkapi dengan sistem notifikasi deteksi jatuh.

    Alat ini terhubung dengan aplikasi global positioning system (GPS) pada telepon pintar yang dapat memantau secara langsung keberadaan orang lanjut usia(lansia) melalui kamera.

    Pada Sabtu (25/2021/2021), tim abdi master diri atas dosen dan mahasiswa sukses menggelar implementasi akhir dengan menyasar lansia di Kelurahan Cikutra, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung.

    BACA JUGA: Ngeri! 6 Kasus Kematian Gegara Video Game

    “Alat ini dirancang dalam ukuran portabel sehingga mudah dibawa kemana-mana dan tidak mengganggu aktivitas para lansia. Jika lansia terjatuh, maka secara otomatis alat ini mengeluarkan notifikasi untuk memberikan pertolongan pertama dengan cepat,” kata Husneni Mukhtar, ketua timpeneliti dari Telkom University.

    Husneni mengatakan, e-Care Lansia dirancang guna memudahkan keluarga memantau lansia ketika beraktivitas di dalam mau pun luar ruangan.

    Di Kelurahan Cikutra, tercatat 50 orang lebih lansia yang rutin mengikuti kegiatan di Pos bindu setempat. Program ini selaras dengan penerapan alat e-Care Lansia untuk mendeteksi kesehatan dan keselamatan lansia.

    Koordinatorlansia RT 06/RW 10 Cikutra, Vevi menyebut paralansia di daerahnya ada yang tinggalbersamakeluarga, namuntidaksedikit pula yang tinggal sendiri sambil sesekali dijenguk oleh kerabat. Usia lanjut memang telah membuat paralansia mengalami keterbatasan untuk dapat menjalani keseharian dengan baik.

    Pada kesempatan itu, tim abdimas memberikan pelatihan penggunaan alat e-Care Lansia yang pemakaiannya sangat mudah dan nyaman kepada lansia yang hadir beserta pendampingnya. Tim yang tergabung dalam Kelompok Keahlian Control, Electronics, and Intelligent Systems (KK CEIS) dan Kelompok Keahlian Transmisi & Telekomunikasi (KK Transtel), juga menghibahkan sedikitnya 10 e-Care Lansia kepada warga Cikutra.

    Kegiatan ini sepenuhnya dibiayai melalui program hibah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, danTeknologi, sebagai bagian dari program Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img