spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Komunitas UMKM Binaan Airlangga Hartarto Borong Dagangan Kaki Lima di Sukabumi

    SUKABUMI,FOKUSJabar.id: Komunitas UMKM usAHA binaan Airlangga Hartarto memborong dagangan beberapa pedagang kaki lima di daerah Lembur Situ, Kota Sukabumi, Senin (13/12). Makanan yang diborong kemudian dibagikan secara gratis pada masyarakat sekitar.

    Kegiatan tersebut mendapat respon positif dari masyarakat sekitar. Dengan protokol kesehatan ketat, masyarakat tampak mengantri untuk mengambil makanan yang sudah diborong dan dibagikan.

    Ipal, warga kampung Situgede yang turut hadir pada acara Borong usAHA menilai kegiatan tersebut berdampak bagi para pelaku usaha kecil.

    “Menurut saya kegiatannya bagus dan positif. Semoga kegiatan-kegiatan seperti yang diadakan lanjut terus ke depannya,” kata Ipal.

    BACA JUGA: UMKM usAHA Binaan Airlangga Hartarto Rangkul Ratusan UMKM di Kota Tasikmalaya

    Sementara itu, Ade Supriatna dan isterinya Evi Supendi, yang merupakan penjual mie ayam dan es kelapa, merasa senang terpilih dalam program Borong usAHA. Keduanya juga merasakan manfaat selama bergabung dalam Kelompok UMKM usAHA, salah satunya melalui pelatihan yang sebelumnya telah diadakan secara daring.

    Koordinator UMKM usAHA Kota Sukabumi, Nadia (24), kegiatan tersebut adalah salah satu program dari Komunitas UMKM usAHA yang diberi nama usAHA Borong usaha.

    “usAHA borong usaha ini salah satu program kelompok UMKM usAHA binaan Pak Airlangga Hartarto untuk memborong beberapa UMKM yang ada di Kota Sukabumi,” kata Nadia saat ditemui di lokasi kegiatan, di kawasan Lembursitu, Kota Sukabumi.

    Nadia menjelaskan, program pemberdayaan UMKM yang dilakukan komunitasnya bukan hanya memborong dagangan UMKM.

    ” Itu hanya salah satu kegiatan kami,  tujuannya untuk membangun semangat saling bantu dan kampanye untuk mengajak masyarakat belanja di UMKM,” kata Nadia.

    Selain itu, ada juga program pelatihan Wirausaha Maju, program_usAHA Bantu usaha_ dan program usAHA Kita.Untuk program usAHA bantu usaha, UMKM terpilih akan mendapat bantuan berupa modal atau alat usaha. Sedangkan untuk program usAHA Kita, UMKM terpilih akan dibantu promosi melalui digital marketing dan merchendise yang diharapkan dapat mendongkrak penjualan.

    BACA JUGA: Airlangga Hartarto Ingatkan ada Tiga Hal Untuk Hadapi 2045

    “Yang pasti hari ini pun kita bukan hanya ada program borong usaha, setelah ini kita ada program bantu usaha dan program usaha kita,” katanya Nadia.

    Kegiatan juga rencananya akan dilanjutkan ke wilayah lain di Jawa Barat lewat rangkaian kegiatan usAHA on The Road.

    Menurut keterangan Nadia, UMKM di Sukabumi yang sudah bergabung dengan komunitasnya  saat ini berjumlah 165 UMKM dan tersebar di delapan kecamatan.

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img