spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    UMKM usAHA Binaan Airlangga Hartarto Rangkul Ratusan UMKM di Kota Tasikmalaya

    TASIKMALAYA,FOKUSjabar.id: Para pelaku usaha mikro, kecil, dan menegah (UMKM) yang tergabung dalam kelompok UMKM usAHA di Kota Tasikmalaya mengaku memperoleh banyak manfaat.

    Kelompok UMKM usAHA sendiri merupakan binaan Airlangga Hartarto.

    Pemilik usaha produk olahan susu Sha’s Milk, Ade Nurhayati, mengatakan sangat terbantu setelah mengikuti pelatihan Wirausaha dan produknya dipromosikan oleh tim UMKM usAHA.

    BACA JUGA: Usai Dikukuhkan, Ini Langkah Apindo Jabar Kedepan

    ” Semenjak dipromosiin itu, jadi banyak yang order. Ada dari Garut, Bandung, Jakarta, Bekasi. Itu mereka beli dari Instagram semua. Beda banget waktu sebelum dipromosiin lah pokoknya, ” kata Ade saat di Indihiang, Tasik.

    Koordinator UMKM usAHA Kota Tasikmalaya, Andi Kurnia Rahman mengatakan, kelompok UMKM usAHA di Kota Tasikmalaya jumlahnya mencapai 310 pelaku UMKM yang tersebar di sepuluh kecamatan.

    UMKM binaan Airlangga Hartarto itu telah menyelenggarakan beberapa program. Yang pertama adalah program pelatihan WirausAHA Maju, berupa pelatihan pemasaran digital, pengelolaan keuangan, hingga kiat-kiat pengembangan usaha.

    “Lewat program usAHA kita ini, anggota UMKM usAHA yang melakukan penjualan online, kita bantu promosi lewat jaringan sosial media UMKM usAHA dan influencernya. Supaya usahanya lebih dikenal, bahkan bisa meningkatkan omset,” kata Andi, Sabtu (20/11).

    Andi menyebut, rencananya di Tasikmalaya akan dilaksanakan program usAHA Borong Usaha akhir bulan ini. Kegiatan ini rencananya akan diadakan di kawasan Padayungan, Jl. Siliwangi, Kota Tasikmalaya.

    “Agenda terdekat kita itu ada program usAHA Borong Usaha, akhir November ini. Rencananya kalau tidak ada perubahan akan diadakan di Padayungan, Jl. Siliwangi ” kata dia.

    Koordinator UMKM usAHA Provinsi Jawa Barat (Jabar) Wardita mengatakan, saat ini UMKM usAHA binaan di Jabar berjumlah 4.111 UMKM. UMKM tersebut tersebar di sembilan Kabupaten/Kota di Jawa Barat, yaitu Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kota Tasikmalaya, Kota Bandung.

    Ia menyebut, kedepannya UMKM binaan Airlangga Hartarto itu di Jabar akan diperluas ke tiga kabupaten/kota yaitu Indramayu, Kota Banjar, dan Purwakarta.

    “UMKM usAHA di Provinsi Jawa Barat itu totalnya ada 4.111 UMKM. Anggotanya paling banyak itu ada di Kabupaten Bogor, sebanyak 1.400 UMKM,” kata Wardita, Sabtu (20/11).

    “Saya harap UMKM usAHA bisa terus lanjut. Sebagai koordinator provinsi juga saya mengamati antusiasme anggota UMKM usAHA agar ke depan program ini bisa lanjut dan rencana menambah wilayah di Jabar bisa terwujud,” kata dia.

    BACA JUGA: Airlangga Hartarto Ingatkan ada Tiga Hal Untuk Hadapi 2045

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img