spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Airlangga Hartarto Ingatkan ada Tiga Hal Untuk Hadapi 2045

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, ada tiga hal yang harus menjadi perhatian menghadapi Indonesia 2045 mendatang.

    Airlangga mengatakan, untuk 2045 nanti ada berbagai tantangan yang harus dihadapi atau mega trend untuk mewujudkan kesejahteraan, seperti perubahan iklim dan menipisnya sumber daya, perkembangan demografi (dan aging), urbanisasi, inovasi teknologi (digital) dan revolusi industri 4.0; dan kesempatan dan ketimpangan.

    Lanjut dia, Setidaknya ada tiga pilar yang harus menjadi perhatian, yaitu , pembangunan manusia, ketahanan kesehatan, dan penguasaan teknologi. Kedua, pembangunan ekonomi yang berbasis kepada global value chain, peningkatan produktivitas, pengembangan blue economy, green economy dan circular economy yang mendorong pembangunan berkelanjutan secara inklusif. Ketiga, memperkuat ketahanan kohesi sosial dan tenun kebangsaan Indonesia.

    BACA JUGA: Alumni Prakerja di Kota Bandung Tuai Pujian dari Airlangga Hartarto

    “Indonesia harus belajar dari pandemi Covid 19 untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan,” kata Airlangga Hartarto dalam pidato kebangsaanya menyampaikan tentang Visi Indonesia menuju 2045 beserta tantangannya, dalam rilis yang diterima, Rabu (11/8/2021).

    “Kita harus membangun sistem dan fasilitas kesehatan publik di sektor hulu yang mengedepankan aspek pencegahan terutama menyangkut gizi, penyehatan lingkungan, perubahan perilaku sehat,” katanya menambahkan.

    Airlangga menambahkan, pada aspek penanganan kesehatan, membangun sistem dan fasilitas kesehatan di sektor hilir, termasuk produksi vaksin dalam negeri yang mengurangi ketergantungan negara lain.

    Menanggapi Pidato Kebangsaan Airlangga, Direktur Eksekutif Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Philips J. Vermonte, menyampaikan bahwa Partai Golkar adalah partai yang selalu memberikan solusi teknokratis.

    “Kami di CSIS mengucapkan terima kasih atas pidato kebangsaan yang disampaikan Bapak Ketua Umum DPP Partai Golkar, Bapak Airlangga Hartarto yang pada hemat saya mengafirmasi pandangan dan pengalaman Partai Golkar sebagai partai karya dan partai yang memberi solusi-solusi teknokratis untuk menuju jalan kesejahteraan. Baik melalui jalan politik, jalan ekonomi, maupun jalan solusi sosial yang tadi disampaikan,” kata Philips.

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img