spot_img
Kamis 2 Desember 2021
spot_img
spot_img

Simak Berikut Sejarah Penetapan 10 November Sebagai Hari Pahlawan

BANDUNG,FOKUSJabr.id: 10 November mendatang Masyarakat Indonesia akan memperingati Hari Pahlawan di Tahun 2021. Peringatan itu pastinya sangat penting mengingat perjuangan para pahlawan terdahulu sangat lah berat untuk mengusir penjajah dari tanah air Indonesia.

Maka dari itu masyarakat Indonesia harus mengetahui sejarah dari peringatan hari pahlawan ini.

Peran pahlawan dalam kemerdekaan bangsa Indonesia sangat penting. Memperingati hari pahlawan membuat kita teringat akan semangat perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini sejarah hari pahlawan yang wajib diketahui oleh masyarakat Indonesia.

BACA JUGA: Sejarah Singkat Hari Pahlawan Nasional di 8 Negara

Penetapan hari pahlawan dilakukan untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur di Medan perang saat bertempur melawan tentara Inggris tanggal 10 November 1945 di Surabaya.

Pertempuran 10 November tersebut merupakan pertempuran terbesar bangsa Indonesia melawan Kolonialisme selepas kemerdekaan Indonesia.

Diketahui bahwa perang tersebut meletus setelah salah satu pimpinan tentara Inggris di Surabaya, Jenderal Brigadir J Mallaby tewas.

Sebelum terjadi pertempuran tersebut tepatnya pada tanggal 29 Oktober 1945 tentara Indonesia dan tentara Inggris telah menyepakati dan menandatangani penghentian perang sementara atau gencatan senjata.

Walaupun saat itu sudah dilakukan gencatan senjata kedua pihak antara tentara Inggris dan tentara Indonesia masih sering bentrok dan meletusnya perang besar tersebut terjadi setelah tewasnya Brigadir J Mallaby yang membuat tentara Inggris marah besar.

Setelah tewasnya Brigadir J Mallaby, tepatnya pada tanggal 10 November 1945 Inggris mengeluarkan sebuah ultimatum besar yang meminta tentara dan rakyat Indonesia agar menyerahkan seluruh senjata dan berhenti melakukan perlawanan terhadap Inggris.

Pada saat itu tanggal 10 November 1945 rakyat Indonesia di Surabaya diberikan waktu sampai pukul 6 Pagi untuk menyetujui ultimatum tersebut. Jika ultimatum tersebut tidak dipatuhi maka Inggris akan menghancurkan kota Surabaya dari berbagai serangan (udara, darat dan laut).

Tetapi tentara dan rakyat Indonesia tidak menyerah begitu saja sehingga membuat pertempuran besar terjadi yang berlangsung selama 3 Minggu di Surabaya.

BACA JUGA: Ridwan Kamil Tawarkan Aerocity Kertajati ke Masdar Mubadala UEA

3 minggu selama pertempuran membuat warga sipil banyak yang meninggal dunia. Pertempuran itu merupakan pertempuran pertama bangsa Indonesia melawan negara asing setelah Indonesia merdeka.

Daya juang yang begitu besar dan tidak gampang menyerah dari tentara Indonesia dan warga Indonesia membuat Kota Surabaya dijuluki sebagai kota Pahlawan.

Maka dari itu berkat pejuangan dan perlawanan warga Surabaya dan tentara Indonesia Pemerintah secara resmi telah menetapkan tanggal 10 November sebagai hari pahlawan.

Nah, Itulah sejarah penetapan tanggal 10 November sebagai hari pahlawa semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan. Selamat Hari Pahlawan!

(Fauza/Anthika Asmra)

Artikel Lainnya

spot_img
spot_img