spot_img
Selasa 23 April 2024
spot_img
More

    Kontingen Jabar Siap Kejar Juara Umum di Peparnas XIV Papua

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kontingen Jawa Barat (Jabar) di Peparnas XVI Papua 2021 terus genjot persiapan jelang pertandingan pertama pada 8 November 2021.

    Hal itu dilakukan agar kontingen Jabar bisa memnuhi target untuk menjadi juara umum.

    Ketua Kontingen Jawa Barat pada Peparnas XVI Papua Dedi Supandi mengatakan, sejumlah persiapan terus dilakukan sejak mendarat di Bumi Cendrawasih pada Selasa 2 November 2021 lalu.

    BACA JUGA: Lepas Kontingen Peparnas XVI Jabar, Emil: Pertahankan Juara Umum

    “Jawa Barat sangat siap untuk mentas di seluruh pertandingan, selama di Papua kita masih mengadakan latihan pada beberapa titik lokasi. Kita berupaya berkerjadama dengan Kodam setempat untuk meminjam beberapa fasilitas untuk lokasi latihan itu,” kata Dedi Supandi, Jumat (5/11/2021).

    Pesta olahraga multicabang terbesar nasional bagi atlet penyandang disabilitas kali ini akan mempertandingkan 12 cabang olah raga. Di mana kontingen Jabar sendiri bakal berpartisipasi pada seluruh cabang olah raga yang dipertandingkan.

    “Diharapkan kami bisa membawa pulang sekitar 130 medali emas, 90 perak, dan untuk perunggu 70 medali. Jika itu bisa kita rebut maka status juara umum bisa dihadirkan,” kata dia.

    Sebelumnya, laman peparnas16papua memberitahukan peraturan bagi para atlet paralimpiade hanya mendapat kesempatan berlaga pada satu nomor pertandingan.

    Menanggapi hal itu , Dedi menyebut di satu sisi regulasi tersebut cukup positif karena mendukung upaya regenerasi atlet nasional. Namun di balik itu, aturan anyar ini menjadi tantangan bagi Jabar.

    “Di Jabar ini ada 75 orang atlet nasional, itu cukup banyak. Akhirnya setelah diseleksi hanya 20 orang atlet yang bisa mengikuti sesuai dengan cabang olah raga keahliannya. Aturan ini menjadi tantangan bagi kamu, walaupun secara pengembangan atlet ini bagus juga, karena tujuannya regenerasi,” kata dia.

    BACA JUGA: Bonus PON XX/2021 Diberikan Dua Tahap, Fadlan Raup Rp1,7 M

    Dedi mengatakan, dari 12 cabang olah raga yang dipertandingan sedikitnya terdapat empat cabang olah raga yang diunggulkan oleh Jabar. Lima cabang olah raga itu, yakni atletik, renang, tenis meja dan panahan.

    “Pada atletik kami targetkan 50 medali emas, di cabor renang 20 medali emas. Kita juga targetkan mengamankan medali sebanyak-banyaknya untuk cabor tenis meja dan panahan. Pada 2016 Jabar kan juara umum, sekarang juga kami targetkan kembali juara umum,” katanya.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img