spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Lepas Kontingen Peparnas XVI Jabar, Emil: Pertahankan Juara Umum

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melepas kontingen NPCI Jabar yang akan berlaga di ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI tahun 2021 di Papua sekaligus mengukuhkan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar, Dedi Supandi sebagai Chef de Mission (CdM) Peparnas XVI Jabar. Gubernur yang akrab disapa Emil itu pun menargetkan kontingen Jabar menjdi juara umum Peparnas XVI/2021.

    “Jadi semua jenis olahraga itu juara, termasuk Peparnas. Kita berhasil mempertahankan juara umum 2016 di PON XX dan di Peparnas 2021 pun targetnya juara umum. Mudah-mudahan sesuai target sehingga dua kebanggaan itu tetap hadir di Jabar,” kata Emil di area Parkir Timur Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Rabu (27/10/2021).

    Secara khusus, Emil meminta CdM Kontingen Peparnas Jabar untuk memastikan persiapan para atlet yang bertanding tetap diberikan rasa aman dan nyaman. Sehingga dapat mewujudkan target mempertahankan gelar juara umum.

    Pada Peparnas XVI/2021, kontingen Jabar akan mengikuti 12 cabang olahraga dengan total kontingen sebanyak 426 orang. Terdiri dari 244 atlet, 182 pelatih, manajer dan ofisial.

    CdM Kontingen Peparnas Jabar, Dedi Supandi mengatakan, selain memfasilitasi vaksinasi Covid-19 bagi seluruh anggota kontingen, Pemda Provinsi Jabar pun menyediakan fasilitas pelaksanaan swab test PCR dan tempat pemulihan setelah pulang dari Papua.

    “Tanggal 1 November, kita akan test PCR. Lalu tanggal 2 November dini hari WIB berangkat. Sepulang dari Papua, kita sudah siapkan untuk tempat isolasi mandiri lainnya,” kata Dedi.

    BACA JUGA: Bonus PON XX/2021 Diberikan Dua Tahap, Fadlan Raup Rp1,7 M

    fokusjabar.id peparnas XVI Jabar
    Gubernur Jabar, Ridwan Kamil menyerahkan bendera Jabar kepada CdM Peparnas XVI Jabar, Dedi Sopandi. (FOTO: Istimewa)

    Kontingen Jabar menargetkan meraup 130 medali emas pada Peparnas XVI/2021 di Papua. Target ditetapkan setelah mengukur peluang dan kesiapan para atlet, termasuk cabang olahraga mana saja yang menjadi unggulan.

    “Saingan terberat, kalau kita lihat ada Jawa Tengah. Hari ini muncul (saingan terberat) yang baru yakni Kalimantan Timur,” kata dia.

    Dedi optimis kontingen Jabar mampu merealisasikan target yang sudah ditetapkan dan keluar sebagai juara umum. Apalagi, persiapan sudah dilakukan jauh-jauh hari.

    “Kita sudah melakukan Pelatda. Hari ini kita sudah lakukan karantina dan agendanya sudah kita lakukan terus. Jadi, kalau dari aspek persiapan dan pelatihan, atlet Peparnas Jabar ini lebih siap dari yang lain. Jadi kita optimis jadi juara umum,” Dedi menegaskan.

    Hal senada diungkapkan pelatih cabang olahraga Angkat Berat, Akbar Mardiansyah. Menurutnya, persiapan atlet menghadapi Peparnas XVI/2021 sudah sangat maksimal termasuk dukungan fasilitas yang diberikan sudah sangat baik.

    “Atlet bisa fokus berlatih dan berlaga. Atlet-atlet kita sudah matang dan siap bertanding,” kata Akbar.

    Cabang olahraga angkat berat, kata dia, menargetkan lima medali emas pada Peparnas XVI Papua 2021. Dia berharap target tersebut bisa tercapai atau bahkan bisa terlampaui.

    “Sekuat-kuatnya atlet saat latihan, tapi kalau tidak memiliki mentalitas, hasil bisa berbeda ketika berlaga,” kata dia.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img