spot_img
Monday 29 April 2024
spot_img
More

    Antara Juara Umum PON XX dan Prokes

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua sangat berbeda dengan PON sebelumnya yang digelar di Jawa Barat 2016 silam, terlebih saat ini digelar di tengah mewabahnya virus Korona.

    Tentunya semangat para peserta PON cukup berbeda, karena selain harus tetap bugar dan siap bertanding, kini fokus mereka harus dibagi dengan menjaga diri agar tidak tertular COVID-19.

    Menyadari sukarnya mencapai target juara umum seperti tahun 2016, komandan kontingen PON XX Papua Setiawan Wangsaatmaja terus menyemangati para atlet meski sementara hanya dengan kata-kata heroik.

    “Tetap jaga kesehatan dengan menjaga protokol kesehatan. Mengingat perhelatan olahraga paling bergengsi di Indonesia melibatkan banyak orang yang rawan penularan COVID-19,” kata Setiawan beberapa waktu lalu.

    BACA JUGA: Sambangi Kontingen PON Jabar Pemulihan, Ini Kata Emil

    Kekuatan besar dan semangat membara semua unsur yang terlibat di perhelatan olahraga lima tahunan ini sangat diperlukan. Sebab bisa saja Jabar meraih juara umum PON XIX hanyalah keberuntungan karena menjadi tuan rumah, akan berbeda dengan PON XX Papua yang hanya menjadi tamu.

    20 sampai 24 persen medali emas harus dikumpulkan kontingen Jabar jika ingin pulang dengan gelar juara umum, atau seluruh atlet Jabar harus meraih 137 hingga 160 medali emas di setiap Cabang Olahraga (Cabor), belum lagi harus bersaing dengan Jakarta dan Jawa Timur yang langganan juara umum. Ya, memang sukar mencapai target juara umum.

    Tapi semua sangat memungkinkan, meskipun PON kali ini lebih berat bagi para atlet, selain teknis latihan dan strategi, para atlet juga harus menjaga protokol kesehatan ketat di tengah ‘gentayangannya’COVID-19.

    Hasilnya, Jabar meraih 133 emas, 105 perak, dan 118 perunggu, disusul DKI Jakarta dengan 110 emas, 91 perak, 100 perunggu, kemduian Jawa Timur dengan 110 emas, 89 perak, 90 perunggu.

    Sedangkan tuan rumah Papua harus puas di posisi keempat dengan 93 emas, 67 perak, dan 102 perunggu.

    (Solihin)

    Berita Terbaru

    spot_img